Wednesday, August 12, 2015

Frozen Shoulder: Mengapa dan Bagaimana Menyembuhkannya?

Awal April lalu ketika sedang merapihkan tumpukan baju saya melakukan gerakan yang sepertinya sepele tapi karena dilakukan dengan emosi jadinya malah celaka. Dalam posisi duduk saya lempar baju ke kasur dengan tenaga seperti melempar kenangan sang mantan, hasilnya bahu tangan kanan saya seperti kesetrum dan sakitnya luar biasa. Saya pikir ke SOLO eh kesleo/kecetit/terkilir biasa, ah nanti aja pas pulang ke rumah minta di pijitin simbok.

Namun akibat terlalu lama dan ditambah tentengan berat yang saya bawa saat pulang membuat tangan kanan saya semakin sakit, ibu yang biasanya pintar mijet tidak bisa membuat tangan kanan saya normal kembali. Saya tidak bisa mengangkat tangan dengan lurus baik ke atas, ke samping dan tidak bisa menekuk ke belakang. Hampir semua ketrampilan yang sebelumnya dikuasai tangan kiri dialihkan ke tangan kiri.

Atas anjuran teman, saya diantar ke tukang pijat Cimande yang konon sangat ahli. Tapi hasilnya juga tidak ada. Atas saran ibu cuci, saya pijat ke tukang pijet didekat rumahnya. Udah 3 x pijat tapi tetap tidak membaik. Pak boz tidak kalah perhatian, beliau menyarankan menemui dokter rehab medik. Berdasar pengalaman beliau ketika mengalami syaraf kejepit di bagian pinggang, beliau menjalani physiotherapy dan laser, hasilnya memuaskan. Tidak jauh dari tempat saya tinggal kebetulan ada RS yang menyediakan dokter rehab medik dan physiotherapy. Proses pendaftaran dan menunggu dokter yang luar biasa luaaaammmaaaa dilewatin ajah, singkat cerita saya bertemu dengan dokter dan setelah dianalisa saya mengalami "Frozen Shoulder".

Friday, August 7, 2015

Tragedi di Akhir Juli

Datang dan pergi, lahir dan mati, adalah takdir Ilahi. Terkadang ada penyesalan menyelinap, menyalahkan diri sendiri atas peristiwa yang terjadi. Kenapa tidak ini, kenapa tidak itu, andai saja begini, andai saja begitu, mengapa begitu cepat, mengapa begitu muda?

NNers baru saja berbahagia dengan kelahiran 3 anak-anak Snowy di bulan Ramadhan, tepatnya 21 Juni 2015, mereka kami beri nama Ramadona, Ramadoni, Ramadani atau singkatnya Dona, Dina, Dani. Persalinan pertama Snowy di rumah barunya disambut sukacita pengasuhnya* (baca penghuni apartemen NN). Sejak sahur Snowy sudah mondar-mandir memilih tempat, namun hingga pukul 8 belum juga menempati kamar bersalin alias kotak kardus yang sudah kami siapkan sebelumnya. Elin akhirnya berinisiatif menggunakan tempat baju kotornya dan menempatkan Snowy di kamarnya. Pada pukul 11 mulailah dia berkontraksi, anak pertama lahir setengah jam kemudian. Pukul 1.30 seluruh proses persalinan selesai.

Selamat datang Ramadoni, Ramadona, Ramadani

Mengingat pemilik rumah tidak mengijinkan kami memelihara kucing, maka kami menyimpannya di pojok dapur dengan kulkas dan meja sebagai penghalang. 2 minggu kemudian mereka mulai membuka mata....WAH, matanya baguuuus....warnanya abu-abu! kami senang dia memiliki mata dari Bapaknya. (dan ternyata semua mata anak kucing abu-abu, warna aslinya baru muncul setelah 1.5-2 bulan)

Snowy dan anak-anaknya

Permasalahan muncul ketika kami harus mudik lebaran, siapa yang akan memberi makan dan minum? Kami meninggalkannya dengan stok makanan 1.3 kg dan air minum sekitar 2 lt. Untunglah saat kami kembali setelah libur lebaran mereka masih sehat, sudah bisa lari-lari. Tapi selayaknya kucing, rumahnya telah berpindah ke gudang. Tidak lengkap rasanya kehidupan kucing di Bara tanpa DERAMAH!

Menunggu di teras rumah
Kamis malam, 30 Juli 2015, seekor kucing yang kelaparan dan dehidrasi mampir di teras rumah, kami memberinya makan dan minum. Snowy yang awalnya masih didalam gudang keluar dan marah dengan kehadiran kucing baru (Snowy selalu marah kalo ada kucing betina, tapi gulang-guling menggoda kalo ada pejantah, sghhhh.....dasar kucing binal!). Pertengkaran terjadi, anak-anaknya lari ketakutan. Tidak ingin ada keributan lebih besar, kami memasukkan Snowy dan anak-anaknya ke gudang dan menutup pintu gudang tapi tidak menguncinya. Pagi hari Snowy ngeang-ngeong tiada henti, kami periksa gudang pintunya sudah terbuka dan tidak ada satupun anaknya didalam. Peristiwa yang mengantarkan Snowy datang ke NN kembali terjadi....dia kehilangan anak-anak LAGI!

Hujan deras di Jum'at sore membuat kehebohan tersendiri, akibat pembangunan rumah disamping yang tidak becus berimbas pada rusaknya saluran air, listrik, dan banyak bagian rumah lain. Cucuran air bak talang air mengguyur ruang tamu, kami kerja bakti hingga selepas maghrib. Snowy masih duduk termangu di teras rumah. Sekitar pukul 10 malam gw keluar kostan, dan dikejutkan dengan Doni yang tergeletak di luar pagar. Dengan panik gw gendong doni dan membawanya masuk dan terus berkata "Doni masih hidup kan?" Kami menjerit histeris menyadari dia sudah tidak bernyawa. Saat itu juga kami segera menguburkannya di halaman depan. Mungkin tadi pagi mereka jalan-jalan, tersesat, lalu kehujanan dan meninggal dalam perjalanan pulang. Mungkin.....

Tapi dimana Dani dan Dina? Ah semoga saja mereka selamat. Dini hari, sebelum istirahat, gw buka tirai di jendela melihat kuburan Doni. Belum lama gw ikut membantu kelahirannya, belum lama gw menggendongnya, baru kemarin malam gw mengajaknya bermain.... Selamat jalan Doni alias Zepy....perjalananmu terhenti di usia 1 bulan 10 hari.
Dalam kenangan: Saat mereka bermain
Dalam kenangan: Malam terakhir main bersama


Sabtu pagi kami dikagetkan dengan teriakan Ghina... "kucingnya pulang!" kami bergegas keluar dan menerima kenyataan yang lebih memilukan, Dani dan Dina tergeletak di dekat tong sampah dengan kondisi yang tidak bernyawa. Badannya basah dan mungkin karena sudah tergelatak lama, ada tikus yang menggigit sebagian badannya yang menyebabkan tangannya lepas. Air mata tak bisa lagi dibendung. Dalam liang lahat yang berdekatan, kami menguburkan mereka dengan alas kain kuning tempat mereka dulu dilahirkan.

Selamat jalan Ramadoni, Ramadona, Ramadani
Mengapa???!!!
Ini jelas-jelas bukan karena mereka meninggal dalam perjalanan pulang. Hujan sudah reda dari jam setengah 8 malam, tapi badan mereka basah kuyup dan sudah kaku, berarti mereka meninggal saat hujan kemarin. Siapa orang yang dengan kejam menculik dan mengembalikan mereka dalam keadaan tidak bernyawa?

Siapapun kalian yang menculik Ramadani, Ramadoni, Ramadina dan membuangnya setelah meninggal, semoga suatu hari nanti kalian mengalami hal yg sama seperti yang kalian lakukan terhadap mereka!!

Wednesday, July 8, 2015

Rezeki Terkadang Bisa Menjadi Ujian

Dengan semangat kerja yang menurun akibat tidak tercukupinya asupan kopi di pagi dan siang hari, saya berhasil melewati fase pertama dan kedua dengan amalan yang kalo disebutkan pasti akan menimbulkan twitwar berkepanjangan. Riya itu cukup dalam hal harta, aib dan dosa, kalo ibadah nanti berujung pada hujatan "ibadah koq pamer, cih!"

Menurut cerita guru ngaji, bulan Ramadhan dibagi dalam tiga fase. Fase pertama, yaitu 10 hari pertama adalah fase rahmat, 10 hari kedua atau pertengahan adalah fase maghfiroh atau pengampunan, serta fase ketiga atau 10 hari terakhir adalah fase pembebasan dari api neraka.

Rahmat terbesar di 10 hari pertama adalah kelahiran 3 kucing unyu anak-anak Snowy yang kami beri nama Ramadani, Ramadoni dan Ramadina. Cerita dramatisnya nanti saja kalo Sowy sudah siap tampil tanpa perut yang menggelambir.

Fase penuh ampunan saya lewati dengan biasa saja tanpa kejadian berkesan, tetapi saya justru dapat banyak rezeki dari teman-teman. Ada yang meminjamkan kartu kredit sehingga saya bisa mengganti Symbiansaurus, ada yang mbawain kue kering dan yang terbaru ada sebuah paket terbungkus amplop coklat di meja kerja. Ternyata amplop itu dikirim oleh dansapar yang sedang kursus melangsingkan betis di Southampton. Bukan Danang Saparince namanya kalo gak kirim hal yang luar biasa cetar membahenol, inilah kiriman tersebut:

Wednesday, June 17, 2015

Jadilah Dokter yang Merawat dengan "Cinta"

Pada dasarnya, semua profesi membutuhkan "cinta" dari pekerjanya. Namun kali ini saya ingin menyoroti dokter lebih khusus lagi dokter hewan. Memperlakukan hewan tentu saja harus lebih sabar, hati-hati dan teliti karena tidak seperti manusia yang bisa menyebutkan keluhan yang dirasakannya, hewan hanya menunjukkan perilaku yang mungkin saja dengan gejala yang sama ternyata beragam indikasi penyakitnya.

Di lingkungan tempat saya tinggal terdapat sebuah fakultas kedokteran hewan dan saya juga sudah sangat lama hidup bersama calon-calon dokter hewan. Dengan mereka yang tinggal satu kost saya dengan mudah "complain" kalo ada perlakuan tak menyenangkan terhadap hewan korban bahan praktek, terutama KUCING. Kucing adalah salah satu hewan yang sangat saya sukai, walaupun kalo boleh memilih saya lebih suka memelihara anjing seperti jaman kecil dulu. Anjing adalah hewan peliharaan pertama saya, 3 kali memelihara anjing semua berakhir tragis karena ada yang di racun ada juga yang di curi, konon katanya untuk pesta tahun baru. KEJAM!

Kucing baru menjadi hewan peliharaan yang benar-benar dirawat (tidak sekedar numpang lewat nyuri makan) ketika SMP, namanya Denish. Denish-pun berakhir tragis karena dia harus meregang nyawa bersama ke-3 anaknya karena ada tetangga yang meracuni keluarga kecil nan lucu itu. Setelah kepergian Denish saya tidak pernah lagi memelihara kucing, kalopun ada yang mampir ke rumah cukup disediakan makanan. Begitupun saat nge-kost, kucing datang dan pergi sesuka hati mereka saja. Namun pernah ada kucing yang kami beri nama "Puspita" dan "Crazy Cat" yang tinggal cukup lama di kostan. Puspita kucing paling penurut yang pernah saya temui, walopun lapar dia tidak pernah memaksa masuk rumah cukup menunggu di depan pintu. Berbeda dengan Puspita yang kalem dan ayu, Crazy Cat kucing yang tidak bisa diam. Bawaannya main mulu, kadang qt bingung dia heboh lari sana sini tanpa tahu apa yang sedang dikejar. Hingga pada suatu pagi saya tidak menemukan Puspita dan setelah itu tak pernah kembali.

Kecurigaan muncul kepada rombongan mba-mba cantik yang menyorotkan lampu senter ke halaman samping, mahasiswa FKH yang sedang mencari kucing untuk praktikum. Dari situ saya mulai tidak suka dengan calon dokter hewan yang tidak punya sopan santun dalam mencari hewan calon korban praktek. Memang, tidak ada kalung di leher Puspita, tapi dia tinggal di lingkungan rumah, bukan di jalanan!! Ketika temen kostan yang juga calon dokter hewan melakukan praktek bedah kucing saya udah wanti-wanti untuk merawat Hercules dan Herjunot dengan baik.

Kekesalan saya kembali muncul setelah Snowy, Bumil nan cantik tapi judes, pulang dengan luka di bagian perutnya bahkan 1 puting-nya hilang. Kami sudah berbaik hati menyerahkan Snowy yang sedang hamil kepada anak KOAS yang datang tengah malam karena belum mendapatkan kucing hamil sebagai bahan praktek USG. Tidak ada permintaan maaf, tidak ada kepedulian apakah bekas luka itu bernanah, tidak ada satu kata atau tindakan-pun atas KECEROBOHAN mereka membuang bulu di perut snowy. OH, Snowy berontak saat akan dicukur? Lalu dimana keahlian kalian untuk menenangkan pasien? OH SAYA LUPA, ITU TIDAK ADA DALAM MATA KULIAH!


Jadi kalian ini cuma memanfaatkan hewan sebagai bahan praktek demi nilai saja? Benar, dokter adalah profesi yang prestisius dan menjanjikan keamanan finansial tapi tolong lakukanlah dengan cinta. Perlakukan pasien anda dengan penuh kasih sayang. Anda pasti tidak suka ketika sopir angkot sradak sruduk ngejar setoran, sebal dengan Pak Lurah yang lelet ngurus KTP, benci dengan polisi yang menerima salam tempel. Semua profesi membutuhkan "cinta" agar bisa enjoy melakukan tugas yang diembannya, selagi kalian masih dalam taraf belajar cobalah juga untuk belajar menumbuhkan rasa cinta terhadap apa yang kalian pelajari.

Sunday, May 10, 2015

SNOWY: Tua, Ompong, Judez tapi Aku Cinta

Snowy
Snowy mampir ke kostan ketika kami merawat hercules dan herjunot. Kalau saja Herjunot tidak pergi pasti kami sudah menjodohkan Herjunot dan Snowy sehingga menghasilkan keturunan kucing berbulu putih sempurna. Kami tidak tahu saat itu Snowy sedang hamil. Sekitar pertengahan Januari kami dikejutkan dengan kedatangan Snowy yang sangat berbeda saat pertama kali dia main. Kondisinya menyedihkan, kurus dan kotor, perutnya yang sebelumnya berisi 5 anak saat itu menggelambir hampir menyentuh tanah. Setahu saya Snowy dipelihara salah satu temen ghina & venta yang tinggal tidak jauh dari kostan kami, tapi kenapa kondisinya mengenaskan? Tanpa pikir panjang, saya membelikannya makanan kucing dan selalu menyediakan dalam jumlah berlebih dengan harapan Snowy cepat gemuk agar bisa menyusui anaknya. Saat pertama datang, Snowy tergolong kucing yang penurut, kami bahkan dapat memandikannya tanpa banyak perlawanan.

Namun kehidupan keras yang dijalaninya membuat perangainya berubah. Semua berawal ketika malam hari Snowy berkali-kali mengeong, kami pikir dia sudah mulai ganjen lagi nyari pasangan. Kabar menyedihkan datang dari Teteh sebelah rumah yang mengabarkan ke-5 anaknya hilang, entah dicuri atau dibuang pemilik rumah. Seminggu lamanya Snowy gelisah, adegan yang paling menyedihkan ketika hujan deras mengguyur, tiba-tiba Snowy yang sedang tiduran berlari ke rumah yang pernah ia tinggali lalu mengeong-ngeong mencari anaknya.

Setelah badannya kembali semog dan bahenol kami membawanya ke salon kucing. Pengalaman pertamanya perawatan di salon bukannya membuat Snowy relax justru membuatnya stress dan mudah marah. Kecantikannya tertutupi aura judes yang justru bikin kami semakin suka ngisengin Snowy, di colek dikit langsung deh cakarnya maju disertai suara menggeram. Seperti kucing pada umumnya Snowy pemalas, tapi Snowy bukan tipe kucing yang senang bermain, suka di elus, bermanja-manja di pangkuan atau ndusel-ndusel di kaki. Kalo terlahir sebagai manusia mungkin dia sudah menjadi pemimpin gerakan feminism, mandiri dan tidak suka basa-basi.


Entah kenapa mendadak dia tidak mau makan, saya dan venta merasa bersalah karena menduga ini efek Snowy menjilati obat jamur yang dioleskan di kuping dan pundaknya sehingga lidah menjadi kebas atau radang tenggorokan mungkin? Berbagai merek makanan kucing diberikan, tetapi Snowy tetap tidak mau. Tak sengaja ketika Snowy menguap saya melihat gigi bawah sebelah kanan hilang dan gigi atas sebelah kiri tinggal separo. Apakah ini penyebabnya? Sungguh teramat berat suratan nasib yang harus dijalaninya, hamil tanpa suami, kehilangan anak-anak dan sekarang kehilangan gigi! Seandainya Snowy main sinetron hanya kurang 1 nasib buruk yang belum dialaminya, ketabrak lalu amnesia.

Alternatif termudah adalah memberinya makanan lembut dan mudah diperoleh, pilihannya jatuh pada Sarden. Snowy menyambut Sarden dengan penuh suka cita, dia makan dengan sangat lahap bahkan kuah sarden ikut ludes, piring makannya bersih. Persis sesuai ajaran Rosul, tidak menyia-nyiakan makanan . Namun dari sini kesalahan perawatan kucing dimulai. Bulunya rontok karena sarden mengandung kadar garam yang tinggi. Mama Venta dengan hati setulus peri membelikannya makanan mahal khusus untuk bulu rontok dan seuntai kalung bertahta mutiara yang membuat Snowy semakin cantik.

Pertengahan April lalu, ketika saya sedang mlipir ke Jogja sebuah sms mengejutkan datang dari Aul. "Snowy menjalin cinta dengan preman bara, si OM!" Entah kurang kerjaan atau iri dengan berakhirnya status jomblo Snowy, NNers ramai-ramai nonton Snowy dan si OM bercinta di teras rumah. Bahkan Elin mengabadikannya dalam video yang tentu saja hanya beredar secara terbatas. Sebenarnya kami gak rela Snowy berhubungan dengan pemimpin genk kapak yang sudah mem-bully Herjunot tapi kami juga tidak bisa menghalanginya, karena hanya ada si Om pejantan tangguh yang merajai jalan Bara.

Calon dokter hewan memperkirakan 2 bulan lagi (17 Juni 2015) anak Snowy akan lahir. Yah kalo meleset sedikit mungkin saat bulan Ramadhan nanti akan lahir kucing putih bermata biru (perpaduan bulu Snowy dan mata Om) yang akan kami namai Romadona, Romadoni, Ramadina, atau mungkin.... Ramadono.

Friday, February 20, 2015

and the oscar 2015 goes to.....

Gelaran akbar apresiasi terhadap pekerja perfilman akan digelar pada 22 Februari 2015 di Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles mulai pukul 5:30 pm (Waktu LA) dan baru akan ditayangkan di KompasTV tanggal 27 Februari 2015. Oscar 2015 merupakan penyelenggaraan ke-87, sebuah perjalanan yang sangat panjang dan bergengsi.


Sebelumnya telah digelar beberapa award seperti:

Dari ke-3 ajang tersebut temen-temen gw yang tergabung dalam Cumberbitchis (groupis Benedict Cumberbacth) berulang kali harus mengurung diri di kamar sambil menerawang ke langit kelam dan meratap "KENAPA???!!!". Yup, aktor yang meroket berkat film seri "Sherlock" gagal total membawa piala. Entah mana yang lebih menyedihkan para Cumberbitchis, mas gantengnya gak menang apapun atau mas ganteng nggandeng istrinya yang gi hamil. Diberbagai acara award, Stephen Hawkins mengalahkan rekan senegaranya, Alan Turin. Kalo kata Rizka si Ibu Tiri pecinta konspirasi Wahyudi kemenangan pemerang The Theory of Everything adalah kemenangan Atheis atas Gay :D

Apakah jagoan gw The Theory of Everything, Birdman, Whiplash, The Grand Budapest Hotel akan merajai Oscar 2015? Yang udah nonton boleh sharing film jagoannya bareng gw di  Short Review Film-Film Nominasi Oscar 2015 yang belum nonton bisa intip-intip ceritanya dulu, siapa tau jadi tertarik :D

Golden Globe Winners 2015 -  Complete List:

  • Best Motion Picture – Drama : Boyhood
  • Lead Actor in a Motion Picture – Drama : Eddie Redmayne – The Theory of Everything
  • Lead Actress in a Motion Picture - Drama : Julianne Moore – Still Alice
  • Best Motion Picture – Comedy or Musical : The Grand Budapest Hotel
  • Lead Actor in a Motion Picture- Comedy or Musical : Michael Keaton – Birdman
  • Lead Actress – TV Drama : Ruth Wilson – The Affair
  • Director : Richard Linklater – Boyhood
  • Lead Actor – TV Drama : Kevin Spacey – House of Cards
  • Best TV Drama : The Affair
  • Actress – TV Miniseries or Movie : Maggie Gyllenhaal – The Honorable Woman
  • Foreign Film : Leviathan, Russia
  • Lead Actor – TV Comedy : Jeffrey Tambor – Transparent
  • Screenplay : Alejandro G. Inarritu, Nicolas Giacobone, Alexander Dinelaris, Armando Bo – Birdman
  • Supporting Actress in a Motion Picture : Patricia Arquette – Boyhood
  • Animated Feature : How to Train Your Dragon 2
  • Lead Actress in a Motion Picture- Comedy or Musical : Amy Adams – Big Eyes
  • Supporting Actor – Series, Miniseries, or TV movie : Matt Bomer – The Normal Heart
  • Original Song – Motion Picture : Glory – Selma (John Legend, Common)
  • Original Score – Motion Picture : Johann Johannsson – The Theory of Everything
  • Best TV Comedy or Musical : Transparent
  • Lead Actress – TV Comedy or Musical : Gina Rodriguez – Jane the Virgin
  • Actor – TV Miniseries or Movie : Billy Bob Thornton – Fargo
  • TV Miniseries or Movie : Fargo
  • Supporting Actress – Series, Miniseries, or TV movie : Joanne Froggatt – Downton Abbey
  • Supporting Actor in a Motion Picture : J.K. Simmons – Whiplash

SAGA Winners 2015 - Complete List:
  • Outstanding Performance By A Cast In A Motion Picture: Birdman
  • Outstanding Performance By A Male Actor In A Leading Role: Eddie Redmayne, The Theory Of Everything 
  • Outstanding Performance By A Female Actor In A Leading Role: Julianne Moore, Still Alice
  • Outstanding Performance By A Male Actor In A Supporting Role: J.K. Simmons, Whiplash 
  • Outstanding Performance By A Female Actor In A Supporting Role: Patricia Arquette, Boyhood
  • Outstanding Performance By An Ensemble In A Drama Series: Downton Abbey
  • Outstanding Performance By An Ensemble In A Comedy Series: Orange Is The New Black
  • Outstanding Performance By A Male Actor In A Drama Series: Kevin Spacey, House Of Cards 
  • Outstanding Performance By A Female Actor In A Drama Series: Viola Davis, How To Get Away With Murder
  • Outstanding Performance By A Male Actor In A Comedy Series: William H. Macy, Shameless
  • Outstanding Performance By A Female Actor In A Comedy Series: Uzo Aduba, Orange Is The New Black
  • Outstanding Performance By A Male Actor In A Television Movie Or Miniseries: Mark Ruffalo, The Normal Heart
  • Outstanding Performance By A Female Actor In A Television Movie Or Miniseries: Frances Mcdormand, Olive Kitteridge
  • Outstanding Action Performance By A Stunt Ensemble In A Motion Picture: Unbroken
  • Outstanding Action Performance By A Stunt Ensemble In A Comedy Or Drama Series: Game Of Thrones

BAFTA winners 2015 - Complete List:
  • Best film: Boyhood
  • Outstanding British film: The Theory of Everything
  • Best Actor: Eddie Redmayne - The Theory of Everything
  • Best Actress: Julianne Moore - Still Alice
  • Best Supporting actor: JK Simmons - Whiplash
  • Best Supporting actress: Patricia Arquette - Boyhood
  • Best Director: Richard Link later - Boyhood
  • Best Adapted screenplay: The Theory of Everything - Anthony McCarten
  • Best Original screenplay: The Grand Budapest Hotel - Wes Anderson
  • Best Animated film: The Lego Movie
  • Best Documentary: Citizenfour
  • Best Foreign film: Ida
  • Cinematography: Birdman - Emmanuel Lubezki
  • Best Costume design: The Grand Budapest Hotel
  • Best Editing: Whiplash - Tom Cross
  • Best Make-up and hair: The Grand Budapest Hotel - Frances Hannon
  • Best Music: The Grand Budapest Hotel - Alexandre Desplat
  • Best Production design: The Grand Budapest Hotel - Adam Stockhausen, Anna Pinnock
  • Best Sound: Whiplash - Thomas Curley, Ben Wilkins, Craig Mann
  • Best Visual effects: Interstellar - Paul Franklin, Scott Fisher, Andrew Lockley
  • Best British short animation: The Bigger Picture - Chris Hees, Daisy Jacobs, Jennifer Majka
  • Best British short film: Boogaloo and Graham - Brian J Falconer, Michael Lennox, Ronan Blaney
  • Best Outstanding debut by a British writer, director or producer: Stephen Beresford, David Livingstone (writer and producer Pride)
  • Best Rising Star award: Jack O'Connell
Dan inilah daftar lengkap pemenang Oscar 2015...
Oscar 2015 complete list:
  • Best Picture: “Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance)” Alejandro G. Iñárritu, John Lesher and James W. Skotchdopole, Producers
  • Best Actor: Eddie Redmayne in “The Theory of Everything”
  • Best Supporting Actor: J.K. Simmons in “Whiplash”
  • Best Actress: Julianne Moore in “Still Alice”
  • Best Supporting Actress: Patricia Arquette in “Boyhood”
  • Best Animated Feature: “Big Hero 6” Don Hall, Chris Williams and Roy Conli
  • Best Adapted Screenplay: “The Imitation Game” Written by Graham Moore
  • Best Original Screenplay: “Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance)” Written by Alejandro G. Iñárritu, Nicolás Giacobone, Alexander Dinelaris, Jr. & Armando Bo
  • Cinematography: “Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance)” Emmanuel Lubezki
  • Best Costume Design: “The Grand Budapest Hotel” Milena Canonero
  • Best Director: “Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance)” Alejandro G. Iñárritu
  • Best Documentary Feature: “CitizenFour” Laura Poitras, Mathilde Bonnefoy and Dirk Wilutzky
  • Best Documentary Short Subject: “Crisis Hotline: Veterans Press 1” Ellen Goosenberg Kent and Dana Perry
  • Best Film Editing: “Whiplash” Tom Cross
  • Best Foreign Language Film: “Ida” Poland
  • Best Makeup and Hairstyling: “The Grand Budapest Hotel” Frances Hannon and Mark Coulier
  • Best Original Score: “The Grand Budapest Hotel” Alexandre Desplat
  • Best Original Song: “Glory” by John Legend ft. Common from “Selma” Music and Lyric by John Stephens and Lonnie Lynn.

  • Best Production Design: “The Grand Budapest Hotel” Production Design: Adam Stockhausen; Set Decoration: Anna Pinnock
  • Best Animated Short Film: “Feast” Patrick Osborne and Kristina Reed
  • Best Live Action Short Film: “The Phone Call” Mat Kirkby and James Lucas
  • Best Sound Editing: “American Sniper” Alan Robert Murray and Bub Asman
  • Best Sound Mixing: “Whiplash” Craig Mann, Ben Wilkins and Thomas Curley
  • Visual Effects: “Interstellar” Paul Franklin, Andrew Lockley, Ian Hunter and Scott Fisher

Selamat untuk semua pemenang dan sebagai penutup silahkan menikmati keindahan gaun-gaun cantik di OSCAR 2015



Monday, February 16, 2015

Short Review Film-Film Nominasi Oscar 2015

Sudah nonton semua film nominasi Oscar 2015? Pasti belum kan? Sebagian besar film memang belum (tidak) tayang di jaringan bioskop Indonesia jadi tidak salah juga kalo memanfaatkan situs nonton film gratis atau download :D

Ini list film yang udah gw tonton, urutannya bukan berdasarkan film yang paling gw suka ya.... urut abjad ajah. Dan mohon tidak melempar kursi, bata apalagi bom molotov kalo penilaian kita berbeda.

American Sniper
Film ini di angkat dari buku dengan judul yang sama "American Sniper" berdasarkan kisah nyata Chris Kyle pahlawan perang Amerika di Irak yang justru meninggal oleh peluru sesama veteran perang. American Sniper meraih sukses besar dengan meraup jutaan dollar mengalahkan film perang garapan Clist Eastwood sebelumnya, Letter from Iwo Jima. Gw ngliat film ini tidak ada yang istimewa, ceritanya tidak menyentuh seperti Letter from Iwo Jima atau Pearl Harbour. Sebagai film action, American Sniper juga tidak menegangkan seperti film jadul Black Hawk Down atau yang terbaru Fury. Acting Bradley Cooper jauh lebih bagus di Silver Lining Playbook & American Hustle.

Big Hero 6
Big Hero 6 merupakan film animasi superhero ter-favorit gw di tahun 2014. Persahabatan antara Hiro Hamada dan robot bernama Baymax menjadi inti cerita Big Hero 6. Tadashi, kakak Hiro menciptakan robot personal health care yang gendut, peluk-able, n nggemesin. Setelah Tadashi meninggal dalam kebakaran di laboratorium, Hiro mengaktifkan dan mengupgrade Baymax menjadi robot perang untuk membalas dendam kematian kakaknya. Film ini bukan hanya bikin ketawa tetapi juga mewek terutama di bagian akhir film ketika Baymax menanyakan "are you satisfied with your care?" Kekurangan film ini mungkin hanya dari sisi soundtrack, karena sepulang nonton Big Hero 6 gak ada 1 lagu-pun yang nyantel di kepala. Maaf Fall Out Boy....

Birdman
Pertama liat film ini langsung jatuh cinta dengan cara pengambilan gambarnya, seolah-olah kamera rolling terus mengikuti setiap adegan berpindah dari 1 scene ke scene lainnya. Birdman berkisah tentang Riggan mantan aktor superhero pemeran film Birdman yang ingin meraih kembali popularitasnya bukan sebagai Birdman tetapi aktor yang bisa akting dengan menjadi sutradara dan pemain drama pendek "What We Talk About When We Talk About Love" di panggung Broadway. Michael Keaton yang juga pernah menjadi aktor superhero "Batman" sangat pas memerankan sosok aktor yang popularitasnya mulai memudar. 4 jempol dah buat sang produser, sutradara dan penulis skenario Alejandro González Iñárritu.

Tuesday, February 10, 2015

Hopelessly Romantic

The plastic flowers you gave for sit on the table so unstable
And there is some greasy finger prints in the pre-wrote birthday card you wrote your name in
And I know that you make your effort but I think you could do much better

A rose is blue and violets red
Say it isn't true Don't tell me romance is dead
So wake up you sleepy head
All your dreams are just a kiss away...

I ask you for a letter so you emailed, Have we failed?
Oh, you kiss with such a potential then ask to speed up It's not enough 
Now I am carrying my own bags up 
17 flights of stairs love

You shouldn't take just valentine day just to show you love me
You don't need any money, just abit of imagination

Lantunan lagu Romance is Dead dari Paloma Faith sepertinya cocok buat gw yang susah banget menciptakan dan atau menikmati moment romantis.


Kemampuan mencerna rangkaian kalimat indah nan puitis setara dengan kemampuan gw dalam mengingat, nilai 10 dari skala 10-100. Ketika puisi datang bertubi-tubi gw segera melaporkannya ke Emmy agar bisa memahami maksudnya. Sebagai sesama Gemini yang menyalahi kodrat tidak romantis, seringkali kami cuma manggut-manggut ajah. Pun ketika membedakan antara bener-bener pinjem buku atau sekedar "buku ini aku pinjam" ala iwan fals, bener-bener curhat tentang mantan atau mencari sandaran untuk move on, bener-bener laper atau romantic dinner. Oh COME ON!! Gw bukan agen tiket CIA gak kerja di kantor intelejen, jangan main kode-kode-an karena sudah dipastikan gw gagal paham.


Friday, February 6, 2015

Lagu dan Film Romantis di Bulan Penuh Cinta

Film dan lagu romantis apa yang cocok untuk dinikmati saat hari Valentine? Tahukah anda bahwa semua lagi bisa romantis dan semua film bisa cocok dinikmati saat Valentine Day asalkan.... ada pasangan. Pasangan adalah Koentji!! Tapi sudahlah, kita saya terima saja nasib menjadi jomblo, toh sudah biasa menjadi bahan bully di media social dengan beragam meme. lIhatlah... begitu banyak seleb twit mengeruk banyak follower kemudian jadi buzzer atau nerbitin buku hanya bermodal kultwit tentang jomblo beserta duka nestapanya. Biarkan saja mereka bahagia lahir, batin dan rekenin$$$ dengan menjual penderitaan barisan jomblo. Ingatlah apa yang pak kyai katakan....
sebaik-baiknya umat adalah yang bermanfaat bagi orang banyak 
Betul tidak?

Mendengarkan music adalah top list hobby gw, tidak perlu keluar uang banyak cukup paket data bulanan untuk download tidak perlu juga keluar tiket transportasi or biaya penginapan hanya demi melihat konser Paloma Faith di negeri seberang. Begitupun dengan film... emang sih untuk dapat nonton film terbaru dengan kualitas gambar dan suara menakjubkan perlu keluar uang 35 - 50 ribu. Tapi sekarang banyak juga situs-situs nonton film streaming, kalo kangen film jadul gw tinggal mampir ke nonton. Hanya bermodal internet cepat gw bisa duduk manis didepan laptop, kadang ngakak tidak jarang pula banjir air mata hanya gara-gara ndengerin 1 lagu / 1 adegan yang memporakporandakan kenangan yang sudah terkubur rapat didalam bunker.

Okay, now sit back and relax, and stop crying your heart out! Coba tengok film dan lagu apa saja yang menurut gw romantis dan layak menemani sepanjang bulan yang katanya penuh cinta ;)

Top 5 lagu galau untuk merayakan Valentine's Day:
1. Only Love Can Hurt Like This by Paloma Faith: videonya emang agak syuuuur.... tapi lagunya keren beudz, apalagi sewaktu Paloma menambil nada tinggi "only love can hurt like thiiiiiiiiiiis..... Your kisses burn into my skin. Only love can hurt like this..."


Wednesday, February 4, 2015

Why I Love "The Tonight Show Starring Jimmy Fallon"

Salah 1 penghuni NN ada yang kecanduan dengan "Ini Talk Show" sebuah acara talk show di NET TV yang dipandu oleh Sule sebagai Host dan Andre sebagai co-host serta banyak pendukung acara seperti Pak Haji Bolot, Mang Saswi dan Maya. Dia gak pernah absen nonton "Ini Talk Show" yang ditayangin malem hari. Parahnya.... saat ditayangkan ulang pagi hari dia masih nonton juga, dan tetep ngakak. Kalo udah ada lagu-lagu plesetan
Tak selamanya... jagung itu direbus
nyatanya... hari ini dibakar
harganya cuma seribuuu...
maka sudah dipastikan akan ada suara tawa menggelegar memenuhi ruang udara bara yang sarat polusi.

Gw juga punya acara talk show favorit, tapi acara ini cuma gw tonton via youtube. Nama acaranya The Tonight Show Starring Jimmy Fallon. Ketika sang legendaris Jay Leno mundur dari acara The Tonight Show pada awal tahun 2014 gw masih belum tertarik dengan JImmy Falllon, masih lebih sering buka channel youtube-nya Ellen Degeneres, Entah darimana awalnya gw bisa mampir ke channel youtube The Tonight Show, mungkin sewaktu lagu "EW" booming sejak saat itu gw jatuh cinta dengan Jimmy Fallon.


Bukan cuma klak klik acara tersebut tapi gw jadi kepo semua hal tentang Jimmy Fallon. Ternyata pria ganteng, cute, kocak yang terlahir dengan nama James Thomas Fallon (19 September, 1974) ini udah lama malang melintang di dunia pertelevisian. Aksi kocaknya bisa dilihat di acara Saturday Night Live atau host di beberapa acara Award, dia juga pernah punya acara sendiri Late Night with Jimmy Fallon dan masih banyak hasil kerja Jimmy yang ternyata WOW, termasuk grammy award untuk Best Comedy Album.

Why I love "The Tonight Show Starring Jimmy Fallon"?

Tuesday, February 3, 2015

Assalamu'alaikum Cinta....

Sepulang menonton film Pendekar Tongkat Emas, salah satu temen gw mendadak kambuh penyakitnya, mesam-mesem. Kalo dia udah mesam-mesem maka itu berarti apa yang ada dalam khayalannya melampaui apa yang terjadi dalam kehidupan nyata. Bukan.... bukan karena baru liat Nicsap mandi, bukan juga karena dia terpesona pada film itu. Bahkan kita termasuk penonton yang kecewa dari beberapa menit awal film dimulai. Teman gw mesam-mesem sepanjang perjalanan pulang, sepanjang hari, sepanjang minggu hanya karena melihat trailer film "Assalamu'alaikum Beijing"!

Baru ngliat cuplikannya dikit aja dia udah menghayal bahwa saat liburannya nanti ke Beijing dia akan menemukan pelabuhan hatinya seperti kisah cinta sejati Ahei dan Ashima. Kalo udah mesam-mesem gini gw lebih baik minggir daripada ikutan gila mendengar khayalannya. Seperti yang sudah-sudah, dia akan menggalau di semua media social dan kalo masih kurang puas ngayalnya dia akan ngobrol panjang di inbox FB. Kali ini dia mengirimkan pesan yang merupakah kutipan dari penulis ternama:
Jika dua orang memang benar-benar saling menyukai satu sama lain, bukan berarti mereka harus bersama saat ini juga. 
Tunggulah waktu yang tepat, saat semua memang sudah siap, maka kebersamaan itu bisa jadi hadiah yang hebat untuk orang-orang yang bersabar. 
Sementara menanti, sibukkanlah diri untuk terus menjadi lebih baik.  
Waktu dan jarak akan menyingkap rahasia besarnya, apakah rasa suka itu semakin besar atau semakin memudar.


Friday, January 30, 2015

Si OM: The Beast dari Genk Kapak cabang Bara

Kehadiran Hercules dan Herjunot ternyata membuat kucing penguasa bara meradang, dia sangat benci dengan Hercules. Setiap kali pintu dibuka atau kandang Hercules dibawa keluar dia sudah bersiap mencakar. Kekejamannya sudah setara Genk Kapak di film Kung Fu Hustle, kami melabelinya sebagai preman bara dan memanggilnya si OM. Wajahnya bulat dengan beberapa bekas luka di pipi tembebnya. Seperti layaknya kucing, si OM kadang juga menampilkan wajah memelas. Wajah ini yang sempat nipu gw dan menganggapnya seperti kucing-kucing yang sering berkeliaran di Bara Downtown.

Drama menegangkan ketika suatu pagi Hercules sedang berjemur (masih tetap didalam kandang) disamping rumah dan tanpa sepengetahuan kami si OM muncul dan menyerang Hercules. Raungan mengerikan membuat gw dan Endeh si Ibu peri lari ke samping rumah dan mengusir si OM. Hercules sangat shock! Untuk pertama kalinya kami melihat kucing bernafas seperti anjing, matanya melotot, mulutnya menganga dengan lidah terjulur dan nafas yang tersengal-sengal. Apapun yang kami lakukan Hercules tetap seperti itu. Pagi yang sangat berat buat Hercules.

Drama itu kembali berulang ketika Herjunot mulai dikenalkan dengan lingkungan luar rumah. Si OM langsung menghadang, sikap badannya menunjukkan
“Siapa lo? 
Mau sok jago berkuasa disini? 
Serahkan ikanmu, SEKARANG!”. 
Herjunot terpojok tak berdaya, suaranya melolong minta tolong. Sapu lidi kami acungkan ke si OM tapi dia tidak peduli, bahkan ketika kami dorong-dorong badan kekarnya dengan sapu lidi dia tak bergeming. Si Om layaknya The Beast yang tidak bergeming saat kepalanya dipukul oleh Sing (Stephen Chow).



Saturday, January 10, 2015

The Chronicle of Rangga, Cinta, Hercules & Herjunot

Akhir tahun 2014 kost apartemen NN disibukkan dengan kehadiran penghuni gelap baru yang datang silih berganti. Penghuni gelap ini harus dirahasiakan dari nenek (panggilan sayang untuk pemilik apartemen) karena sudah ada aturan "Dilarang memeliharan binatang, kecuali nyamuk; kecoa; tikus; semut dan cicak".

Walaupun ini bukan untuk yang pertama kalinya NN dihuni oleh anak Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) tapi akhir tahun lalu menjadi sejarah untuk pertama kalinya kami berkomplot setuju memelihara kucing calon korban mahasiswa FKH.

Kucing pertama yang dibawa Gina sangat tampan, dia sepertinya hasil selingkuhan kucing ras dan kucing kampung, bulunya tebal dan cukup gondrong panjang untuk ukuran kucing kampung tapi lebih pendek dari ukuran kucing ras. Demam reunian AADC membuatnya mendapatkan nama "RANGGA".


Rangga sepertinya sangat stress masuk ke lingkungan soksialita Bara (nama jalan hitz di kampus IPB darmaga). Seperti juga Nicholas Rangga Saputra, dia pun memilih diam tak banyak mengeong dikandangnya. Keesokan harinya Gina dan teman-temannya memandikan Rangga yang belepotan kotoran. Belum juga selesai ritual mandi kembang 7 rupa Rangga lari dari bandara kebun masih dengan sabun menyelimuti badannya. Kami hanya berharap.... Rangga akan kembali dalam 1 purnama!

Selanjutnya Gina mendapatkan kucing ras cuantik, kamipun sepakat memanggilnya CINTA. Belum sempat kami membuat artikel majalah dinding bermain, Gina pulang membawa kabar buruk bahwa Cinta sudah ada yang punya yaitu Mas Indraguna Sutowo Pemilik Laundry. Sepertinya memang kami tidak layak mendapatkan cinta.
*eh, koq curcol