Wednesday, September 24, 2008

Lekas Kembali Bersama Kami Najwa!

Akhir tahun kemarin gw pernah posting tentang anak temen gw, Najwa yang terlahir dengan kelainan jantung yang disebut tetralogy of fallot. sedikit informasi, Tetralogy of Fallot yaitu suatu keadaan terdapatnya 4 kelainan struktur jantung yaitu :

1. Ventricular septal defect
2. Pulmonary stenosis
3. Overriding aorta
4. Hypertrophy (enlargement) of the right ventricle.

Tetralogy of Fallot merupakan kelainan jantung bawaan tipe sianotik, dimana tubuh tidak mendapatkan darah bersih yang memadai. Tindakan operasi merupakan jalan keluar. Tindakan ini pula yang akan dijalani si kecil Najwa diusianya yang menginjak 1 tahun.

Tanggal 15 September Najwa dibawa ke RS Harapan Kita untuk pemasangan alat catheter, kami di kantor hanya bisa mengirimkan do'a semoga proses operasi kecil ini berjalan lancar sehingga nanti tepat di usia Najwa yang ke-1 dia sudah siap untuk operasi jantungnya. Namun kabar sangat mengejutkan datang setelah pemasangan catheter, Najwa dalam kondisi kritis dan masuk ICU. Kejadian ini dimungkinkan karena adanya kesalahan dalam proses anastesi. Nafasnya tersengal-sengal, sang ayah tidak sanggup melihat kondisi anaknya dan hanya mampu keluar ruangan dan menangis. Sementara sang Ibu jauh lebih tegar dengan memeluknya dan membisikkan semua do'a tanpa putus. Tindakan operasi harus segera dilakukan!! Ya, tengah malam tindakan operasi harus segera diputuskan. Dan untuk melakukan tindakan operasi keluarga harus menyiapkan uang 30 juta. Jumlah uang yang tidak sedikit dan tentu saja tidak bisa disediakan. Nyawa seorang anak dipertaruhkan dalam hitungan rupiah! Menyedihkan. Setelah berdebat lama, temen gw menghubungi temennya yang kerja di RS Harapan Kita dan dengan bantuannya akhirnya operasi dapat dijadwalkan keesokan harinya. Sementara kami dikantor mulai menggalang dana melalui berbagai cara.

Tuesday, September 16, 2008

Niat Baik Saja Tidak Cukup

Sudah berkali-kali terjadi tapi sepertinya tidak dapat belajar dari pengalaman. Belajar dari pengalaman orang lain mungkin sulit tapi seharusnya setelah berulang kali menyelenggarakannya dengan banyak korban pingsan, tidakkan terpikir untuk mengubah skema yang sudah ada? Inilah bencana dipertengahan puasa, 21 wanita yang ikut dalam antrian pembagian zakat meninggal dunia.

Sontak media memuat berbagai tanggapan, ada polisi yang lepas tangan terhadap kejadian ini dengan menyalahkan Pak Syaikon yang enggak koordinasi seperti tahun-tahun sebelumnya, ada psikolog yang menganalisa karakter "Riya" seperti artis-artis Indonesia karena Pak Syaikon mengumumkan pembagian zakatnya melalui radio, ada ulama yang menyayangkan pembagian seperti ini karena sebenarnya sudah ada lembaga Amil Zakat yang dapat menyalurkan bantuan, ada pejabat yang menilai telah terjadi eksploitasi kemiskinan, ada Pak SBY yang akhirnya ketiban sial dapet sms mencaci maki pemerintahan yang ga' becus ngurusin kemiskinan dan masih banyak lagi.

Mungkin Pak Syaikon tidak bermaksud Riya, mungkin juga beliau kurang percaya dengan BAZIS atau lembaga amil zakat lainnya, mungkin tidak ingin merepotkan polisi, mungkin hasil pembelajaran tahun-tahun sebelumnya beliau merasa cukup ditangani sendiri dan diantara semua kemungkinan itu ada satu hal yang pasti beliau ingin membersihkan setiap rezeki yang dilimpahkan Alloh dengan menyalurkannya secara langsung. Namun niat baik saja tidaklah cukup, niat yang baik harus dikerjakan dengan tindakan yang baik bahkan harus dipersiapkan dengan baik pula.

Tragedi ini jelas mengingatkan kepada qt bahwa masih begitu banyak orang yang tidak punya dan sangat membutuhkan bantuan. Juga mengingatkan qt akan kewajiban 2.5% hak fakir miskin yang musti diambil dari rezeki qt. Buatlah perhitungan setiap rezeki yang qt peroleh, lanjutkan dengan membuat daftar orang-orang yang akan menerima zakat mal dan serahkan langsung kepada mereka. Duduk bersama mereka, berbincang, mendengarkan cerita dan keluh kesahnya dan rasakan kebahagiaan yang tak terhingga ketika do'a meluncur dengan tulus dari mereka. Cara ini akan lebih mengena bukan hanya yang menerima karena merasa dihargai qt telah mau mendatangi rumah mereka tapi juga sangat mengena bagi yang memberikan karena memberikan kerinduan untuk kembali berbagi. Mari kita luruskan niat qt dan lakukanlah dengan baik, semoga Alloh meridhoi dan menerima ibadah qt, Amin.

Wednesday, September 10, 2008

Ndah Lagi Kangen

Membaca tulisan mba' endang disalah satu rumahnya membangkitkan rasa kangenku pada satu orang yang sangat aku cintai. Kenangan pada seseorang yang pertama hadir dalam kehidupanku, aq mulai mengenal dongeng si-kancil dari mulut manisnya, aku mulai mengenal huruf dan angka, menyanyi, menaiki sepeda semua dari kesabarannya. Hari pertamaku sekolah di TK, SD dan SMP juga bersamanya. Yahhh she's my mom! My Super Mom!!

Seperti kebiasaan kecilku yang selalu mau ikut siapapun keluargaku yang pergi (that's why panggilan kecilku adalah "gondel" dari kata "nggondel"/ngikutin") pagi itu Ndah kecil (4 tahun) ngeyel ikut mas-ku yang usianya 14 tahun lebih tua dariku pergi kerumah temennya. Dengan setelan trining warna hijau berpelet kuning hadiah dari juragan konveksi tetangga rumah aq diboncengin mas-ku. Sepulang dari rumah temennya kita nglewatin Pasar Kemit, sebuah pasar tradisional yang sangat terkenal dikampungku (halah info ga' penting!!). Diantara segerombolan orang di pasar itu aku ngliat ibuku, waktu itu sih aq cuma ngasih tau mas-ku dengan kegembiraan khas anak kecil
"Mas... itu ibu!!" dan berteriak memanggilnya "IBUUUU" dan tentu aja ibuku ga' denger

Sesampai dirumah aq maen sendiri, baru beberapa menit dah mulai merasa bosan dan mulailah merengek ke mas-ku minta dianter ke pasar. Tentu aja mas-ku ga' mau karena awalnya emang aq milih ikut mas-ku, senjata pamungkaspun keluar... mewek. Dengan teganya mas-ku ngunci semua pintu keluar dan dengan santainya masuk kamar mainin gitar fales-nya.. Aq dicuekin.. WHOAAA....

Tangisanku makin kenceng, sedih banget "dirumah - nangis - sendiri". Aq kan cuma pengen ketemu Ibu, cuma pengen megang roknya, cuma pengen digandeng tangannya, cuma pengen denger suaranya, cuma pengen dideketnya... Ga' peduli 1 jam lagi mungkin dia sudah pulang, ga' peduli nanti siang aq maen lagi dengannya, ga' peduli entar malem ndesel lagi diperutnya yang hangat aq cuma mau saat itu aq ada bersamanya. Herannya... sebegitu pengennya keluar aq ampe naik-naik teralis jendela (douhh emang dah heboh dari kecil).

Jadi buat ibu-ibu yang keheranan dengan kelakuan anak kecilnya yang pada satu kesempatan tiba-tiba nangis guling-guling pengen ketemu padahal baru ditinggal 5 menit, semoga cerita ini bisa menjelaskan bahwa kerinduan itu bisa hadir kapan saja dan kebutuhan sikecil akan kehadiran Ibu sangatlah besar. Bahkan ketika beranjak remaja dan dewasa alias setua ini:D, gw yang berjauhan dengan Ibu sering sekali dilanda kerinduan. Seperti saat ini, seiring makin dekatnya hari raya Idul Fitri semakin tidak sabar saja untuk pulang kampung, mencium pipinya dan merasakan hangat pelukannya. Mbooookkk aq kangennn.....

Thursday, September 4, 2008

Laskar Pelangi The Movie

Kerinduan akan kehadiran seri terakhir tetralogi karya Andrea Hirata "Maryamah Karpov" yang kabarnya baru tahun depan akan beredar dan ada 2 buku pula (lahh ga' jadi tetralogi dunx) sepertinya akan sangat terobati dengan kehadiran Laskar Pelangi The Movie (LPTM) yang dijadwalkan akan tayang pada tanggal 25 September 2008. Di website resminya kita dapat melihat perjalanan pembuatan film ini, mulai dari persiapan syuting yang sudah dimulai dari bulan May, casting pemeran, pendukung film baik dari pemainnya, soundtraknya sampe crewnya juga qt bisa mengenalnya lebih dalam. Udah gitu foto-nya keren abizz... jadi tambah pengen maen ke bangka-belitung nih.

Buat yang belum baca bukunya sepertinya harus segera ke toko buku deh, sayang banget melewatkan buku yang sangat inspiratif ini. Sedikit sinopsis bisa dibaca disini. Filmnya nanti ka' apa ya?? Selalu terbayang di kepala saat-saat mendebarkan menunggu kedatangan 1 murid lagi agar sekolah tidak ditutup, kegigihan dan kecerdasan otak Lintang, semangat anggota Laskar Pelangi menari sambil menahan gatal. Dan masih saja gw menangis jangankan membaca novelnya lagi, cuma teringat saat Ikal menemui Lintang yang hanya jadi operator mesin aja mata udah berkaca-kaca.

Tanggal 25 September 2008 jangan sampai lupa ya! Mungkin bakal padet banget tapi kalo gw mo nonton ya emang cuma punya kesempatan tgl 25 dan 26 Sept kan tgl 27-nya gw dah pulang kampung dan tentu aja di kampung gw ga da 21 apalagi megablitz. Apa panjenengan termasuk yang menunggu Laskar Pelangi The Movie?


foto diambil tanpa iji dari sini

Wednesday, September 3, 2008

Mudik Gratis Nasabah BNI - Sabtu, 27 September 2008

Akhirnya datang juga…. Tanggal 27 Agustus kemarin sempet ikut ngantri tiket kereta di stasiun Bogor demi memperebutkan 1 gerbong executive Kereta Sawunggalih jurusan Kutoarjo dan ditolak alias ga’ kebagian tiket bahkan setelah berpindah kelain kereta Taksaka yang lebih banyak kapasitasnya dengan harga tiket Rp. 350.000 tetep aja gw masih kalah saingan dengan pencari tiket yang lain. Ya iyaaa lahhh yang lainnya antri dari Subuh sedangkan gw datang jam 09.00 dan berada diurutan buncit. Tapi pada dasarnya emang kurang niat pulang mudik naik kereta mengingat rusuhnya suasana di stasiun. Tiket pesawat udah melambung sampai hampir Rp. 900.000 berhubung ga’ ada lagi yang mbayarin ya mendingan gw berharap-harap cemas dengan kehadiran Mudik Gratis seperti tahun lalu, kalo ga’ ada barulah telfon Rosalia Indah. Berhari-hari sibuk membolak-balik Kompas menunggu iklan Mudik Gratis Nasabah BNI dan ga’ bosen-bosen mengakses BNI n finally…. Ta raaaaaaaaaaaaaaa…. Sebuah pengumuman yang menggembirakan muncul juga:

Cukup dengan menunjukkan bukti minimal 1 (satu) tahun sebagai nasabah BNI dan fotocopy identitas diri, Anda berhak mendapatkan tiket REJEKI MUDIK BNI 2008. Seratus armada bus AC siap mengantar Anda bersama ribuan nasabah lainnya ke Lampung, Cirebon/Kuningan, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Surabaya.

Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan bukti keinginan kami untuk senantiasa lebih dekat dengan nasabah. Wujudkan niat Anda berlebaran bersama sanak saudara di kampung halaman.


Belajar dari pengalaman kemarin dimana Mudik Gratis Nasabah BNI tahun 2007 gw mendapatkan kenyamanan baik dari kondisi Bus yang bagus, dapet souvenir payung cantik-kaos-topi, dapat makan pula n nyampe rumah dengan selamat (walopun dapet temen duduk yang kurang menyenangkan). Ini dia persyaratannya dan tunggu aja formulirnya di Koran Kompas.

Syarat Pendaftaran:

Telah menjadi nasabah BNI minimal 1 tahun dan saldo minimal Rp. 750.000 dibuktikan dengan adanya verifikasi dari BNI Cabang.
Menunjukkan rekening asli dan fotocopy yang telah diverifikasi.
Menunjukkan KTP asli dan fotocopy.
Menunjukkan KARTU KELUARGA ASLI dan fotocopy (apabila menginginkan lebih dari 1 tempat duduk/ maksimal 4 tempat duduk.

Waktu dan Tempat Keberangkatan:

Peserta akan diberangkatkan pada tanggal 27 September 2008
Peserta berkumpul di Lapangan Tengah PRJ Kemayoran Jam 09.00 WIB

Waktu Pendaftaran:

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 06-14 September 2008 jam 09:00 - 16:00 WIB (selama tempat masih tersedia).

Tempat Pendaftaran:
(maaf kalo ada salah ketik coz imagenya kecil, jadi agak burem)

1. Jakarta Pusat dan Jakarta Utara: BNI Kantor Cabang Kramat (Jl. Kramat Raya No 154-156. Telp. 021-9996 1112)
2. Jakarta Timur: BNI Kantor Cabang Rawamangun (Jl. Pemuda No. 708-709. Telp. 021-9967 1112)
3. Jakarta Selatan: BNI Kantor Cabang Fatmawati (Jl. RS Fatmawati Blok 115 D3 Cilandak. Telp. 021-9932 1112)
4. Jakarta Barat: BNI Kantor Cabang Daan Mogot (Jl. Daan Mogot No 234. Telp 021-9556 1112)
5. Depok: BNI Kantor Cabang Margonda (Jl. Margonda Raya No 48. Telp 021-9523 1112)
6. Bekasi: BNI Kantor Cabang Bekasi (Jl. A. Yani No 13 Margajaya - Bekasi Selatan. Telp. 021-9380 1112)
7. Tangerang: BNI Kantor Cabang Tangerang (Jl. Daan Mogot No 2-4 Tangerang. Telp. 021-9186 1112)
8. Bogor: BNI Kantor Cabang Bogor (Jl. Ir. H. Juanda No 52 Bogor. Telp. 0251-9191 911)

Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Call Cente di nomor 021-9966 1112

Nah buruan, nunggu opo maneh to?? Siapkan persyaratannya, fotocopy dari sekarang n jangan sampe ketinggalan KTP dan KK. Hari Sabtu Tanggal 6 September 2008 mari kita serbu 8 Kantor Cabang BNI diatas. Mudik Bo…. Mudik Gratizzzzzzzzzzzzzzz