Tuesday, January 12, 2010

Tim, Pembalap & Jadwal F1 2010

Balapan tahun 2009 sedikit mengecewakan buat gw yang ngefans ma Ferrari. Mantan suksesor Ferrari, Ross Brown sukses mempecundangi mantan besutannya dengan mengusung tim baru Bown GP. Jenson Button yang sudah lama gak kelihatan greget-nya secara mengejutkan keluar sebagai juara dunia diikuti Sebastian Vettel, Rubens Barrichello, Mark Webber, Lewis Hamilton, Kimi Räikkönen, Nico Rosberg, Jarno Trulli, Fernando Alonso dan Timo Glock.

Dimana Felippe Massa? Masa sih dia gak masuk 10 besar? Akibat “kelilipan” patahan suspense Rubens Barrichello, Massa istirahat cukup lama. Diluar hasil balapan yang tak terduga, kontroversi masih saja mewarnai ajang balapan jet darat ini. Lagi-lagi tim yang berbau “Fernando Alonso” membuat ulah (ini efek buruk keberadaan Alonso ato gimana sih, koq dari McLarren nular ke Renault). Flavio Briatore dapet hukuman gak boleh balik lagi ke ajang F1 seumur hidup karena mengatur “kecelakaan” di Singapore, walopun akhirnya hukuman tersebut bisa lebih ringan. Gosip yang gak kalah kencang adalah kembalinya sang kampiun “Michael Schumacher” menggantikan Felippe Massa, memang sih Schumy gak jadi comeback tahun 2009 tapi musim balap tahun 2010 ini Schumy siap mempertaruhkan kehormatannya demi kecintaannya dengan ajang F1. Yang menyedihkan… jagoan gw di Ferrari ini akan menggunakan mobil Mercedes musuh bebuyutan fans Ferrari :(

Peraturan F1 tahun 2010 tidak terlalu banyak perubahan, yang mencolok mungkin system point-nya dimana pemenang akan mendapatkan 25 point, juara kedua 20 point dan juara ketiga 10 point sedangkan urutan selanjutnya hanya akan mendapatkan nilai 10, 8, 6, 5, 3, 2 dan 1 point. Sistem point ini tentunya akan memacu pembalap untuk selalu menjadi yang terdepan, coz perbedaan nilainya jadi jauh banget antara posisi 1 dan 4. Peraturan lainnya bisa dibaca di regulasi F1 2010.

Berikut ini tim dan pembalap yang berlaga di musim balap 2010 serta jadwal F1 2010, jadwal lebih lengkap dengan bagan sirkuit dan tentu aja siap print bisa di download disini. (correct me if I'm wrong, I'll fix it)