Wednesday, September 24, 2008

Lekas Kembali Bersama Kami Najwa!

Akhir tahun kemarin gw pernah posting tentang anak temen gw, Najwa yang terlahir dengan kelainan jantung yang disebut tetralogy of fallot. sedikit informasi, Tetralogy of Fallot yaitu suatu keadaan terdapatnya 4 kelainan struktur jantung yaitu :

1. Ventricular septal defect
2. Pulmonary stenosis
3. Overriding aorta
4. Hypertrophy (enlargement) of the right ventricle.

Tetralogy of Fallot merupakan kelainan jantung bawaan tipe sianotik, dimana tubuh tidak mendapatkan darah bersih yang memadai. Tindakan operasi merupakan jalan keluar. Tindakan ini pula yang akan dijalani si kecil Najwa diusianya yang menginjak 1 tahun.

Tanggal 15 September Najwa dibawa ke RS Harapan Kita untuk pemasangan alat catheter, kami di kantor hanya bisa mengirimkan do'a semoga proses operasi kecil ini berjalan lancar sehingga nanti tepat di usia Najwa yang ke-1 dia sudah siap untuk operasi jantungnya. Namun kabar sangat mengejutkan datang setelah pemasangan catheter, Najwa dalam kondisi kritis dan masuk ICU. Kejadian ini dimungkinkan karena adanya kesalahan dalam proses anastesi. Nafasnya tersengal-sengal, sang ayah tidak sanggup melihat kondisi anaknya dan hanya mampu keluar ruangan dan menangis. Sementara sang Ibu jauh lebih tegar dengan memeluknya dan membisikkan semua do'a tanpa putus. Tindakan operasi harus segera dilakukan!! Ya, tengah malam tindakan operasi harus segera diputuskan. Dan untuk melakukan tindakan operasi keluarga harus menyiapkan uang 30 juta. Jumlah uang yang tidak sedikit dan tentu saja tidak bisa disediakan. Nyawa seorang anak dipertaruhkan dalam hitungan rupiah! Menyedihkan. Setelah berdebat lama, temen gw menghubungi temennya yang kerja di RS Harapan Kita dan dengan bantuannya akhirnya operasi dapat dijadwalkan keesokan harinya. Sementara kami dikantor mulai menggalang dana melalui berbagai cara.



Tanggal 16 Najwa di operasi dan kemudian masuk lagi ke ICU. Ternyata perjuangannya masih belum selesai, karena akibat obat-obatan dosis tinggi ginjalnya tidak sanggup bekerja sehingga sehari setelah operasi terdapat cairan urin menumpuk di ginjalnya. Jika tidak segera ditangani dikhawatirkan akan gagal ginjal bahkan dampak terburuk akan menjalar ke otak dan nyawanya tidak akan tertolong lagi. Satu lagi bagian tubuhnya dilubangi untuk memasukkan selang yang digunakan untuk mengeluarkan cairan dari ginjal. Prosesnya sangat lama, namun sedikit demi sedikit cairan tersebut bisa dikeluarkan dan senin kemarin sudah bisa pipis. Namun satu lagi selang harus kembali masuk ketubuhnya karena paru-parunya juga terdapat cairan. Masyaallah Najwa... semoga kamu bisa melewati semua ini, semoga keluarga temenku diberi ketabahan dan kekuatan menjalaninya.

Pagi ini sang ayah membawa kabar gembira, kondisi Najwa sudah membaik dan selang-selangnya siap dicopot dan sore ini bisa dipindahkan ke ruang IW (intermediate wall) sebuah ruang disebelah ICU yang digunakan pasien sebelum dipindahkan ke ruang perawatan. Kami semua mengucap syukur dan aura mendung yang beberapa hari ini menyelimuti kantor sedikit demi sedikit terangkat. Semoga Najwa bisa sembuh total dan walaupun kemungkinan keluarga Pak Kamal akan berlebaran di RS tapi setidaknya tidak lagi dihantui kecemasan dan ketakutan. Lekaslah sembuh Najwa... dan nanti akan ikut bermain kembali bersama kakakmu farhan dan alifia juga tantemu yang imyut ini;)

9 comments:

Anang said...

ak berdoa untuk kesembuhanmu najwa...

kenny said...

cepet sembuh ya najwa dan smoga orang tuanya diberi kekuatan serta kesabaran

coffemocca said...

safakillah, Semoga ALLAH memberikan kesembuhan dan kesehatan...Amiin..

Endang said...

nggak kebayang anak sekecil itu harus menanggung rasa sakit yg begitu berat dan tubuhnya byk dilubangi.......aaaaaaahhhhhh.....

ndahdien said...

for all: terimakasih atas semua do'anya, dokter mengabarkan kondisinya selalu membaik.

-Fitri Mohan- said...

semoga najwa bisa bermain-main kembali, dan untuk itu harus sembuh seperti sedia kala. amien.

dien, bentar lagi lebaran, minal aidin wal faidzin ya. mohon maaf lahir dan batin.

-Fitri Mohan- said...

semoga najwa bisa bermain-main kembali, dan untuk itu harus sembuh seperti sedia kala. amien.

dien, bentar lagi lebaran, minal aidin wal faidzin ya. mohon maaf lahir dan batin.

elys welt said...

moga lekas sehat kembali ya Najwa

Met lebaran .... maaf lahir n bathin

Masciput said...

semoga Najwa diberikan yang terbaik!