Wednesday, October 3, 2007

Hari Kesaktian Pancasila

Benarkah Pancasila Sakti Mandraguna??

Sejak tidak mengenyam pendidikan sepertinya ingatan akan hari-hari besar nasional kecuali 17 Agustus banyak yang terlupa, pertanda kurang nasioanlis-kah?? Ka' kemarin sewaktu melihat cover majalah Tempo yang merah membara dengan tulisan gede AIDIT gw masih perlu waktu buat mencerna "ada apa ini?" hoalahhh ternyata hari senin itu tanggal 1 Oktober yang berarti Hari Kesaktian Pancasila dan yang berarti mundur sehari lagi adalah 30 September yang beken dengan sebutan G30S/PKI.

Jaman dahulu kala, jaman dimana film G30S/PKI wajib putar di TVRI atmosphere-nya kerasa banget ada sebuah peristiwa mengerikan di hari itu (arifin C noer kern banget bikin pelem-nya), pada tgl 30 Sept itu pula di depan rumah di pasang bendera setengah tiang dan menjadi 1 tiang penuh keesokan harinya. Bagi yang tidak memasang sudah pasti kecurigaan masih turunan PKI bakal nemplok di jidat pemilik rumah yang ga' ikut masang. Walopun babe mantan prajurit tapi beliau justru ga' gitu peduli dengan pemasangan bendera, justru simbok sibuk nyari galah yang bolak-balik ilang (nglirik kakak gw yang demen banget berburu jantung pisang)

Jaman sekarang... semuanya dilewati biasa-biasa saja, bedanya kalo dulu orang takut membicarakan pentolan PKI ... sekarang buku-buku tentang mereka banyak dipasarkan. Seperti Gugun temen gw yang beberapa tahun belakangan ini begitu mengagumi Hitler beberapa orang baik sembunyi maupun terang-terangan mengagumi juga sosok Aidit. Gw sendiri ga' pernah mengagumi orang selain diri sendiri (wuakakakk narsis abiz!).

Yang justru muncul di hari besar ini adalah kenapa namanya "Kesaktian Pancasila", lah emang peranan Pancasila ngapain?? Bukannya saat itu partai-partai belum menggunakan azaz tunggal? Apa panjenengan juga setuju ma saya kalo "Kesaktian Pancasila" itu ga' sesuai dengan moment 30 Sept 1965?? Hmm.. tapi kalopun diganti namanya apa ya.. "Hari Lubang Buaya" halahh malah lebih katro

3 comments:

Totok Sugianto said...

maksudnya Pancasila Sakti itu adalah bahwa pancasila itu kebal terhadap segala macam banda runcing, atau tahan bacokan bahkan tahan terhadap tembakan peluru tajam. buktinya pada tanggal 30 Sept 65 pancasila masih hidup sampe sekarang kan... makanya diperingatilah setiap tgl 1 Okt itu hari Kesaktian Pancasila... begitu lho anak-anak.... mengertikan :D

kenny said...

maksudnya, rame-rame bikin lobang buat para buaya?? (itu loh yg terakhir) heheheh

ndahdien said...

@totok: mengerti pak guruuuuuuuuu;))
@kenny: wahh cucok tenin, qt jeblosin para buaya darat ke sarang yg seharusnya!!:[