Thursday, July 4, 2013

Who Am I?

Kamu traveler atau tourist?
Mm... saya suka jalan
Kalo kamu sekedar jalan-jalan tanpa bisa mengambil makna dari perjalanan itu sendiri artinya kamu masih di level wisatawan, just a tourist?
Okay
Apa kamu smart traveler, responsible traveler, nuwbi traveler, expert traveler or....?
Opo meneh iki... koq malah terkotak-kotak gini?
Kamu tergolong backpacker, flashpacker apa koper?
Gw suka nenteng ransel tapi bisa bayar penginapan mahal, gak jarang juga bawa koper dan nginep di homestay
Kamu punya blog panduan wisata, udah nulis buku wisata juga, tapi twitter-mu koq isinya bukan tentang jalan-jalan
nama akun twitter gw ndahdien bukan ndahsaja, bukan ndahsangpejalan, palagi ndahsangpenulis
Masa ada yang nanya hal sepele "blabla..." di blog gw, helloo... tau google gak sih dia
yaa kan mungkin dia masih pemula, jadi hal2 sepele ditanyain. kalo bisa nanya langsung ke yg udah ngerti ngapain lagi musti nyari2 ke google
Ya ellah, jalannya kapan koar-koarnya kapan. Gegar traveling banget deh ni orang
ini era social media buu.... coba di buka blog lo, pernah pamer juga kan beli tiket tahun depan udah pamer dari sekarang

Bangga banget sih pamer foto2 yg merusak, padahal kan... Pegang terumbu karang gak boleh | tempat ini gak boleh dikunjungi | bunga edelweiss gak boleh dipetik | dll
Kasih link kenapa enggak boleh, dan beri comment tanpa menggurui apalagi menghakimi
Tahu jailolo dimana tapi RT RW sendiri gak tahu
hmm... di alamat yang ibu kost kasih gak pernah nyantumin RT RW tuh, tapi pak pos udah tahu alamat gw koq. jadi kalo mo kirim paket jangan ragu2 ;)
Ngapain ke luar negri, indonesia itu kaya dan indah. Udah ke flores belum? Raja Ampat? Mana Nasionalismenya?
Kamu sendiri udah menjelajahi Indonesia bagian mana?
Pesawat delay, penginapan kacrut, tempat wisata kotor... Seperti ini koq gembar gembor visit xxxx. Makan tuh Nasionalisme!
zzzz......

Entah kenapa gw jengah dan cenderung enegh dengan (banyak orang di) komunitas jalan-jalan yang tiada terkira jumlahnya. Bagi gw, berwisata hanyalah sebuah hobi yang bisa dilakukan oleh siapa saja yang emang suka jalan. Seperti hobi pada umumnya, kegiatan ini bisa juga menghasilkan uang. Tapi bagi gw tidak dibutuhkan keahlian khusus agar kita bisa jadi seorang traveler atoo... okelah wisatawan. Pengen jalan, punya or gak punya duit mutusin jalan, hujan or terik tetep happy, syukur kalo bisa kenal warga setempat gak kenalpun gak masalah, Niat, nekad, nikmati!



Emang sih, di setiap komunitas ada saja orang-orang yang selalu ingin tampil paling menonjol, paling keren, paling bijak, paling paling. Tapi koq rasanya di komunitas jalan-jalan terlalu banyak yang seperti itu. Komunitas pertama yang gw kenal adalah komunitas IT, kedua pecinta buku, berikutnya photographer dan sekarang para pejalan. Orang-orang IT yang katanya geek n nerd bagi gw adalah kelompok yang paling menyenangkan. Mungkin karena dari awal gw ketemu dengan orang-orang yang konyol, ramah, gak sombong, siap sedia membantu dan menurut gw mereka pinter. Di komunitas pecinta buku juga kalem-kalem aja, pernah sih di jutekin sama penulis novel karena gw mengkritik buku ke-2nya. Di komunitas photographer gw hanya sebagai penonton dan pengagum karena pada kenyataannya gw gak memahami teknik fotografi dan gak punya kamera SLR. Di komunitas jalan-jalan juga lebih sering jadi pembaca cerita-cerita perjalanan saja, kadang berbagi info.

Jadi... siapa gw dalam komunitas-komunitas itu? 
Gw bukan siapa-siapa. 

Iya bener gw suka jalan, tapi ya jalan-jalan aja gak ada maksud dan tujuan apapun selain bersenang-senang dan.... PAMER hehehee... Pun begitu dengan buku, foto dan dunia IT, mereka tempat gw berguru.

Kalopun gw berbagi cerita di blog dan buku tentang perjalanan itu sendiri karena gw (kadang-kadang) suka nulis juga. Selain jalan-jalan gw juga menyukai hal-hal ringan seperti:

  • nonton film: udah gak kalap DVD bajakan lagi, lebih suka nonton di xxi walopun SENDIRI! dulu rajin nulis film yg baru ditonon http://ndahdien.blogspot.com/search/label/film sekarang... hoaaammm, 
  • konser music: udah pensiun dari konser di stadion dan jgtc UI, belum punya partner lagi buat nonton jakjazz/javajazz, masih gak nolak nonton maroon 5 lagi n gak mau melewatkan bruno mars, Lana del rey, Rihanna, Snowpatrol, Muse. Sering pamer konser jazz tapi gak pernah nulis konsernya Hoobastank, Kelly clarkson, jason Mraz, Maroon 5 dll coz... gak bisa bawa kamera hiks http://ndahdien.blogspot.com/search/label/jazz 
  • baca buku: sekarang lebih suka beli buku sih daripada membacanya, dan gak pernah nulis hasil mbaca buku lagiiiii http://ndahdien.blogspot.com/search/label/books , 
  • waktu masih punya kamera juga suka moto (sambil berharap ponakan gw bosen moto biar kameranya dibalikin): dulu selalu upload foto di Multiply tapi setelah MP meninggal dunia pindah rumah ke Picassa walopun belum semua, sementara di flickr pamer dikit duanx... maklum bukan premium :D
  • nonton bola-F1-motoGP (gak gitu semangat sih sebenernya karena jagoan dah mulai bertumbangan), 
  • berburu diskonan (prinsip belanja gw adl': gw hanya bisa berencana (untuk berhemat), namun Tuhan maha penentu segalanya)
  • tiduuuuuuuuuuurr!!!

No comments:

Disini, untuk Sebuah Janji

Generasi masa kini mungkin telah memiliki pemikiran yang terbuka dalam mendefinisikan kewajiban anak kepada orang tua. Dari banyak opini di ...