Friday, July 12, 2013

Tadabur Al-Qur’an

Beberapa hari ini saya penasaran dengan aktivitas temen saya yang mengikuti tadabbur Al Qur'an, apa dan bagaimana sih tadabbur Al Qur'an itu? Saya yang minim pengetahuan agama selama ini lebih sering mendengar tadabbur alam, mengenal Allah melalui ciptaan alam semesta. Akhirnya saya menemukan artikel disini

Tadabbur adalah perenungan yang menyeluruh untuk mengetahui maksud dan makna dari suatu ungkapan secara mendalam.

Tanda-tanda tadabbur
Allah telah menyebutkan dalam Al-Qur’an berkaitan dengan tanda-tanda tadabbur. Allah Ta’ala berfirman,

“Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu melihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al-Qur’an) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata, “Ya Rabb kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al-Qur’an dan kenabian Muhammad).” (QS. Al-Ma’idah: 83).


“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah, gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Rabb-lah mereka bertawakkal.” (QS. Al-Anfaal: 2).

“Dan apabila diturunkan suatu surat, maka diantara mereka (orang-orang munafik) ada yang berkata, “Siapakah diantara kamu yang bertambah imannya dengan (turunnya) surat ini?” Adapun orang-orang yang beriman, maka surat ini menambah imannya, sedang mereka merasa gembira.” (QS. At-Taubah: 124).

“Katakanlah, “Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang yang diberi pengetahuan sebenarnya apabila Al-Qur’an dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud, dan mereka berkata, “Mahasuci Rabb kami, sesungguhnya janji Rabb kami pasti dipenuhi.” Dan mereka menyungkur aras muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu’.” (QS. Al-Israa’:107-109)

“Apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.” (QS. Maryam: 58).

”Dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat-ayat Rabb mereka, mereka tidaklah menghadapinya sebagai orang-orang yang tuli dan buta.” (QS. Al-Furqan: 73).

“Dan apabila dibacakan (Al-Qur’an) kepada mereka, mereka berkata, “Kami beriman kepadanya, sesunguhnya Al-Qur’an itu adalah suatu kebenaran dari Rabb kami, sesungguhnya kami sebelumnya adalah orang-orang yang membenarkan (nya).” (QS. Al-Qashash: 53).

Berdasarkan ayat-ayat diatas, dapat disimpulkan tanda-tanda tadabbur, yaitu:

  1. Menyatukan hati dan pikiran ketika membaca Al-Qur’an.
  2. Menangis karena takut kepada Allah
  3. Bertambahnya kekhusyu’an
  4. Bertambahnya iman
  5. Merasa bahagia dan gembira
  6. Gemetar karena rasa takut kepada Allah, kemudian diikuti dengan pengharapan dan ketenangan.
  7. Bersujud sebagai bentuk pengagungan terhadap Allah.


Temen saya yang ikut program Al Qur'an Learning Center menambahkan contoh kegiatannya Kajian Tadabbur Al Qur'an bersama ust. Bachtiar Nasir setiap kamis malam, mulai 19.30 s.d selesai di AQL Islamic Center - Jl. Tebet Utara I no 40 Jakarta Selatan yang sudah di upload di youtube dengan nama akun "AQLIslamicCenter"

Kegiatan ini mengingatkan saya pada kegiatan yang pernah saya lakukan saat kelas 1-2 SMA. Waktu itu saya, misdiana, hesti, alm (aida) dan andriyanti ikut pengajian yang khusus mengupas ayat-ayat al qur'an di rumah mb ... duh, saya malah lupa namanya, qt sebut saja namanya mb cantik. Waktu itu kami belum ada yang pake jilbab, tapi mb cantik tidak pernah menggurui kami untuk segera berjilbab. Mb cantik juga tidak pernah meminta bayaran, tidak menjual apapun dan qt dengan bodohnya juga gak pernah berinisiatif ngumpulin duit buat beli bingkisan. Mb cantik melakukannya dengan senang hati dan sangat tulus. Jika dibandingkan dengan materi yang disampaikan ustadz Bachtiar Nasir (twitter: @bachtiarnasir ) memang belum sebaik itu, namun karena kami perempuan semua jadi lebih dekat dan gak malu-malu untuk bertanya-tanya seputar masalah perempuan.

Membaca tafsir AL Qur'an saja memang tidak cukup, butuh bantuan orang yang lebih mengerti makna yang tersirat dan tersurat dalam setiap ayat. Sudah sangat lama saya tidak melakukan hal tersebut, acara tafsir Qur'an di metro tv bersama Pak Qurish Shihab juga jarang saya ikuti dengan alesan ngantux. Padahal sebenernya pengen sekali belajar baca Al Qur'an lagi untuk memastikan bacaan saya sudah benar sekaligus tadabbur Al Qur'an. Tapi sepertinya baru sebatas kepengen aja, selalu ada alasan untuk tidak melakukannya. Sgghhh...

1 comment:

Aaron Grey said...

Hi, I came across your site and wasn’t able to get an email address to contact you about a broken link on your site. Please email me back and I would be happy to point them out to you.

Thanks!

Aaron Grey
aarongrey112@gmail.com

Insurance blog