Friday, June 13, 2008

Be Positive!!

Mengapa banyak yang meragukan jiwa nasionalisme masyarakat Indonesia?? Seolah-olah memalukan kali jadi WNI, karena kemiskinannya karena demo anarkisnya karena korupsinya dan banyak permasalahan yang tiap hari muncul. Gw sendiri agak bosen liat berita di televisi, setiap berita dari pagi-siang-sore ampe malam isinya selalu sisi negatif kehidupan bangsa Indonesia. Sebenernya sih lumayan banyak yang bisa menambah wawasan tapi berapa persen informasi yang menambah wawasan dari hampir 24 jam penayangan TV?? Biasanya gw nonton TV sewaktu tayangan bola, GP, F1, music, berita atau kadang-kadang film, mungkin dalam seminggu jika tayangan itu dikumpulin gw menikmati 20 jam nonton TV.

Media televisi adalah media yang paling banyak dinikmati masyarakat karena emang paling mudah menikmatinya, orang bisa nonton (ndengerin) TV sambil makan, masak atau aktivitas lainnya dan televisi paling luas jangkauannya hingga pelosok desa sekalipun. Tapi apa yang diperoleh masyarakat luas melalui televisi?? Hampir semua media televisi hanya menayangkan tayangan sampah penuh keglamouran penuh kebencian penuh dendam penuh akal jahat penuh kekerasan dan tayangan itu justru di prime time yang bebas dinikmati semua umur. Belum lagi berita kerusuhan dan demo anarkis yang tiada habisnya, satu kejadian kali jumlah televisi kali jumlah pemberitaan/hari samadengan buanyak bangettttss. Sgghh..... seolah-olah tidak ada hal positif yang dilakukan masyarakat indonesia selain marah dan rusuh.

Padahal begitu banyak hal positif yang dilakukan masyarakat indonesia dari pemudanya, pengusahanya, birokratnya bahkan masyarakat biasa. Berita keberhasilan pelajar di tingkat dunia tentu masih kalah menarik dibanding sinetron ABG, kesuksesan pengusaha dan birokrat indonesia tentu kalah nilainya dibanding kasus korupsinya, penemuan-penemuan brilliant orang biasa tentu kalah nilai jualnya dibanding berita kemiskinan mereka. Kenapa media televisi tidak memihak keberhasilan masyarakat Indonesia, kenapa suara-suara lantang para demonstran lebih banyak disorot dibandingkan suara-suara penuh kepasrahan dari masyarakat banyak, kenapa kehidupan damai masyarakat tidak mendapat tempat, kenapa media justru mencekoki masyarakat dengan pesimisme??? Seharusnya media membantu memulihkan semangat dan kepercayaan diri masyarakat indonesia untuk menghadapi setiap gejolak yang melanda dan menegakkan kepala dihadapan bangsa asing.

Terimakasih atas tayangan kickandy yang selalu mengispirasi banyak orang, termasuk tayangan semalem (tayang ulang hari minggu jam 15.05 WIB), terimakasih! Semoga para pemilik televisi memiliki hati nurani untuk menayangkan tayangan bermutu dan bermanfaat demi kemajuan bangsa indonesia tercinta ini.

(ehh gw berjiwa nasionalis juga ternyata)

11 comments:

jaya said...

indonesia itu hebat, kita heacker no 1 lho, carding no 1 juga. di dunia IT indonesia di akui...ono w purbo udah bicara di PBB mengenai internet murah ..hebat ga tuh....TNI kita di takuti sama negara tetangga , ini serius beneran. TNI kita ( pasukan khusus ) pada punya sertifikat navy seal ... indonesia hebat kok...

Edziardo said...

setuju! tampaknya mindset orang Indonesia perlu disetting ulang. hal ini memang perlu didukung peran media agar memulihkan jiwa nasional bangsa kita ini...

ndahdien said...

@ jaya: emang indonesia hebat. masalahnya banyak masyarakat indonesia tdk tahu kehebatannya, internet kan cuma dikota aja ms. disinilah seharusnya media berperan
@ edziardo: sayang... media hanya memihak rating demi kantong tebal semata

pican said...

Untuk acara-acara TV sekarang ... no comment dah ... males ... paling-paling gw senengnya liat metrotv, acara kickandy, or dokumenter luar negeri. or berita2 di jam2 tertentu ... selebihnya ?? wah ... sinetron ... dangdut ... sinetron ... dangdut ... indosiar ?? biasanya nampilin sinetron tentang siluman (kalo gak siluman ular, ya siluman macan. tergantung piketnya kalee). sctv ?? biasanya menayangkan sinetron2 cinta omong kosong+anak yang benci sama ortunya, or benci sama temennya, keglamoran de el el. trus kalo tpi ?? kdi, dangdut mania, (katanya televisi PENDIDIKAN indonesia. kok kayak begenneee). yg laennya ?? ya mirip2 lah ... kalo gw liat gak lebih dari 50% tayangan yg disajikan berisi informasi yang bersifat membangun & memotivasi. karena tayangannya sebagian besar cuma untuk kepentingan kantong belaka (gw setujuuuuu...)

FAD said...

Media adalah lahan bisnis yang gemuk.
Jadi mereka akan menayangkan apa yang disukai Masyarakat...walaupun itu akan menyakiti hati sekalipun.
Namun kehadiran mereka tetap diharapkan...oleh karena itu kita musti cerdas memilih dan memilahnya.

kenny said...

ah...ternyata bisa waras jg dirimu dik , hihihihihi
sesama gemini dilarang mendahului :D

dpt muwchhh balik oiiii(seko aku loh dudu pak dhe :P )

amethys said...

wah...ndak bisa komen ah....
klo pas balik ke semarang ndak pernah nonton tv....ga sempat oiii

ika rahutami said...

kalo bukan mulai dari kita... siapa lagi...
tapi mungkin indonesia itu baru akan bener2 asik, pada generasi mendatang ya... asal pendidikannya ga amburadul kayak sekarang

Sifa said...

Wah suka nonton kik andi jg ternyata

ciput said...

tayangan tivi sekarang ini yang penting adalah retingnya, nggak peduli berkualitas atau nggak mereka nggak mau tau! sehingga apa yang dikeluar di masyarakat itu hanya berdasarkan tuntutan pasar, bukan karena unsur edukasi didalamnya

MAY'S said...

Ya iya. mulai dari kamu dong eh, kamu kuliah di komunikasi ndak toh?
he..he...
saya lihat nyala api di semangatmu...