Friday, April 4, 2008

Finalis American Idol Terfavorit

This Is American Idol!!!

Itulah ciri khas kangmas Ryan Seacrest ketika membuka acara yang sudah masuk musim ke-7. Sejak awal penayangannya gw udah suka konsep pencarian idola ini, jelas ini bukan singing contest, ini adalah ajang yang diukur berdasarkan popularitas jadi bisa saja pemenangnya bukan yang paling bagus kualitasnya. Indonesia & negara-negara lain juga terkena demam American Idol sehingga lahirlah jalan tembus menuju beken dengan cara instant. Orang yang tidak ganteng/cantik, tidak berkualitas bisa saja jadi pemenang karena berhasil menarik simpati dari ribuan liter airmata yang dijualnya dengan dagangan nasib keluarganya yang mengenaskan. Oughhh Suck!!

Tapi kenapa gw begitu ngefans ma American Idol?? Secara kualitas performance kontestan yang masuk babak 12 besar sangat bagus bahkan memilih 12 dari 24 berat banget, juri sangat terbuka dalam penilaian, pesona menawan kangmas Ryan Seacrest, setting panggungnya keren, aransemen music nan menawan, dan kembali soal kualitas kontestan mereka bukan hanya jual suara apalagi tampang mereka juga jago mengaransemen lagu dan begitu konsisten dengan jalur music yang mereka pilih eitt satu lagi... sistem voting dengan menunggu sampai semua kontestan selesai serta tarif sms & telfon standard juga point plus dalam menangkal boom sms/telfon dari keluarga kontestan. Berbeda dengan Indonesian Idol (ga' tau Idol di negara laen) yang hanya berani menyanyikan lagu yang saat ini lagi populer tanpa improvisasi, miskin musikalitas, sering berpenampilan panggung yang aneh-aneh pokoknya bukan diri mereka banget dehhh dan satu lagi ... ajang ini bener-bener manjadi ladang bisnis dengan tarif sms & telfon premium-nya. Ketika menelurkan album ya mengikuti kemauan produsernya aja, lagi-lagi seperti juga lagu indonesia laennya music dengan nada sederhana dan miskin lirik. OOPSSS sorry..

Coba bandingkan dengan album yang dihasilkan finalis American Idol:
  • Season 1 : Kelly Clarkson (Rock)
  • Season 2 : Ruben Studdard (R&B)
  • Season 3 : Fantasia (R&B)
  • Season 4 : Carrie Underwood (Country)
  • Season 5 : Taylor Hicks (Soul)
  • Season 6 : Jordin Spark (Pop)
  • Season 7: David Cook or Carly Smithson (hehehe yang ini mah masih dalam proses, mereka jagoan gw di final nanti)
Sejauh ini season 5 menghasilkan paling banyak album yang semuanya laris manis dipasaran: Katherine McPhee; Chris Doughtry; Elliot Yamin dan Kellie Pickler dan dari season 6 tentu susah melupakan Blake Lewis dengan beat box voice-nya yang juga menelurkan album sesuai dengan jalur music pilihannya. Silahkan menyicipi music mereka.

Oke lah lupakan membanding-bandingkan, fokus aja di American Idol. Lalu siapa yang paling bikin terkesan sampai season 7 ini???

Ada 2 orang yang performance-nya susah dilupain, Blake Lewis dan Taylor Hicks. Blake Lewis co' yang kreatif dan berani dalam memilih dan mengaransemen lagu, masih terngiang lagu "A Bad Name" dari Bon Jovi yang di"kacau"kan dengan sangat brilliat dan ketika menyanyikan lagu klasik milik tony bennet atau bahkan the cure juga sangat nancep dikepala. Tapi kalo di suruh memilih 1 maka plihan itu jatuh kepada Taylor Hicks. Tampangnya tergolong tua untuk ukuran Idol, apalagi genre music yang di gemarinya kurang populer di telinga anak muda (Soul), mungkin karena ini pula Taylor tidak mendapatkan promosi sepadan dengan yang diperoleh rekan-rekan season 5 lainnya. Tapi dia punya penggemar yang fanatic dan gw yakin tahan lama. Lihatlah penampilannya membawakan lagu You Send Me, You Are So Beautiful, Soul Thing atau yang paling terkenal Do I Make You Proud, selama musim idol baru dalam diri Taylor gw ngliat seseorang membawakan lagu dengan sangat menikmati kalo kata pakar music "lo telah memberi roh dalam setiap lagu yang lo bawain" yupppp music adalah hidupnya. Lagu Heart Of Soul dalam album barunya "Heart Full of Soul" semakin memantapkan posisinya dijalur Soul, Great Job Taylor... Soul Patrol!!!!!

13 comments:

endang said...

wah.......aku suka lupa nonton malahan.....

kenny said...

juara american idol yg banget2 aku suka si fantasia, paling nggak banget si tailor.

A'Unk~en~Lxmw said...

wa, gak pernah ikutin
ketinggalan jaman :D
jarang liat tv
sekali2 liat paling2 bioskop transtv
udah :P

ndahdien said...

@ endang : mulai sekarang, jangan lupa lg. Inga' american idol hanya di global tv tiap hari kamis jam 20.00WIB!!
@ kenny : wadohh!! favoritku di enyek;(
@ a'unk : kalo ga' liat tv, tengok aja di websitenya american idol ato youtube

elyswelt said...

promosi nih yee :P

diorockout said...

ada yang umur 17 ^^

ndahdien said...

@ elly : psttt... dah dibayar fox nih;))
@ dio : ngefans si imut david archuletta ya??

Liong_be said...

wah suka nonton ya... bisa tolongin sy ga? kasih tau saya dunk perjalanan eliminasi american idol season 8 12 besar deh

ndahdien said...

@ liong: musim 8 ga' ditayangin rcti/global tv jadi ga' tau nih perkembangannya. hiks... :(

Anonymous said...

Buat Liong_be , sekarang AI 8 udah sampai final antara ADAM LAMBERT ama KRIS ALLEN.Aku terancam gak nonton final nih habis hrs ke jkt sdgkan skrg aku tinggal di batam so bs nonton lwt channel singapur.Adam Lambert identik dengan lengkingan suaranya yang luar biasa,kehandalannya dlm menyanyikan smua jenis lagu (meski stylenya rocker) dan doi juga udah dpt standing ovationnya Simon.Kris identik dengan cowok yang cakep imut dengan suara yang mirip Jason Mraz yg pintar main piano and gitar.Btw, AI got a new judge, namanya KARA DIOGUARDI. Cewek, songwriter. pgn aku postkan perjalanan AI8 dari awal? bakalan pjg nih,hehe...

Anonymous said...

AI tahun ini beda soalnya ada TOP 13!!!Nih:

1.JORGE NUNEZ
2.JASMINE MURRAY (DIA AMA JORGE LANGSUNG DIELIMINASI BERDUA)
3.ALEXIS GRACE
4.MICHAEL SARVER
5.MEGAN JOY
6.SCOTT MCINTYRE
7.ANOOP DESAI
8.LIL ROUNDS (DIA AMA ANOOP LANGSNG DIELIMINASI BERDUA,GARA-GARA ADA SPECIAL FEATURE JUDGES TAHUN INI:"SAVE".MAKSUDNYA KALAU ADA 1 KONTESTAN YG HRS DIELIMINASI DIA DIKASIH CHANCE NYANYI & KALO LUCKY BAKAL DIBATALIN PLGNYA AMA JURI,ALIAS STAY ON COMPETITION.SEBENERNYA STLH SCOTT DIELIMINASI, DI MINGGU KE 7 SI MATT GIRAUD HRS GO HOME,TP DI SAVE AMA JURI.SO NEXT WEEKNYA BAKAL ADA 2 KORBAN YG HRS PLG.)
9.MATT GIRAUD (DIA NYAMPE KE TOP 5)
10.ALLISON IRAHETA
11.DANNY GOKEY

FINAL:ADAM LAMBERT VS KRIS ALLEN

Anonymous said...

AKU HARAP KALIAN BACA COMMENT AKU YAH. SEDIH BGT TUH KALO KAGAK DIBACA,SOALNYA AKU SENENG NOLONG ORG NIH,SEMACAM ADA KEPUASAN GITU.BERBAGI KAN ASYIK.

ndahdien said...

@ anonymous: makasih bgt mas/mb' infonya, dibaca koq. aq cuman ngikutin dari berita2 di blog n websitenya american idol. seru juga ya sistem penjurian tahun ini, sayang ga' bisa nonton nih. lam kenal dr sesama pecinta AI.