Thursday, April 18, 2013

Luka, The Little Prince


Pangeran kecil ini bukanlah Pangeran dalam cerita The Little Prince atau Le Petit Prince. Pangeran kecil bernama Luka tidak bisa menjelajah jauh dari tempatnya, di usianya yang sudah 12 tahun Luka hanya terbaring di tempat tidur atau kursi roda, kemampuan terbesarnya adalah menggerakkan jari-jari kecilnya dengan lemah, dia menderita muscular dystrophy. Namun seperti juga sang Pangeran Kecil, Luka juga memiliki khayalan tinggi untuk melakukan hal-hal yang bisa dilakukan anak-anak pada umumnya.

Adalah Matej Peljhan seorang fotografer dari Slovenia yang membantu Luka mewujudkan impiannya. Tanpa tipuan digital, Matej membuat setting tempat sederhana berupa 2 lembar kain berwarna dan beberapa benda pendukung kemudian memposisikan Luka seolah dia sedang melakukan beragam aktivitas. Sebuah pekerjaan sederhana dengan impact yang luar biasa. Matej Peljhan telah memungkinkan Luka untuk mengeksplorasi dunia imajiner di mana Luka bisa menembak bola basket, memanjat tangga, menyelam, terbang bersama balon bahkan melakukan handstand.


Saya menyukai karya Matej bukan karena alasan kehebatan teknik fotografi yang saya sendiri memang tidak tahu, namun dengan fotonya Matej menyentuh sisi kemanusiaan dan membuat foto-foto Luka berbicara lebih dalam. Well done Matej!

Foto-foto lengkap bisa dilihat di dailymail.uk

No comments: