Thursday, June 11, 2009

Mempelajari tampilan baru Multiply 4.0 (MP 4.0)


Awal minggu ini gosip-gosip perubahan tampilan MP udah banyak bertebaran, gw sih cuek ajah wong lum melihat perubahan itu. Ternyata e ternyata tgl 10 Juni 2009 perubahan itu datang juga di inbox gw, kesan pertama... COOL!! Berikutnya... gaptek, namanya juga masih baru jadi kan perlu digauli lebih intim lagi. Hasil penjajagan itu menghasilkan "QUICK NOTE", satu menu baru dari MP 4.0 yang fungsinya seperti "Update Status" di Facebook. Karena mudah dan menyenangkan maka gw dan banyak MPers lainnya sibuk memainkan QUICK NOTE. Kelebihan Quick Note MP dari status FB jelas pada kemampuan repply dan "quote comment" dan tentu saja qt juga bisa nambahin icon macem-macem dari sumber laen. Ohya quick note ini juga ga' menuh-menuhin inbox Gmail gw karena seperti biasa gw pilih turn off email allert xixixixxx... kan baca di inbox-nya dah keliatan. So.. apakah ini akan menarik MPers untuk kembali meramaikan MP yang sudah banyak diacuhkan?? Moga aja sih gitu. Tapi apa ini nantinya akan menurunkan semangat nulis artikel, review or sekedar curhatan ga' penting yang puanjaaaang? Moga aja sih engga' gitu.
Penasaran dengan daleman MP 4.0 maka semua tombol yang bisa di klik gw klik dan kesan berikutnya adalah... lemooottnya. Mungkin karena kebanyakan filter jadi looping datanya lumayan lama.

Baiklah... mari kita belajar bersama.
 Edit Tampilan Inbox MP 4.0
Setelah login qt akan disambut tampilan inbox yang elegan, rapih dan sedap dipandang. Tapi koq banyak banget yang muncul di inbox, siapa orang-orang ini?? Lalu dimana birthday allert yang dulu selalu muncul mengingatkan jadwal makan-makan? 
1. Menampilkan teman qt saja
Dibawah Recent Updates terdapat 3 kotak optional:
  • Include Posts from Friends of Friends
  • Include Group Posts
  • Only Show Unread Posts
Un-check semua pilihan itu, atau bahasa ngetren-nya "Buang tanda contreng pada ketiga box tersebut". Sekarang yang akan tampil di inbox hanya temen-temen yang terdaftar di contact qt aja. Kalo mau melihat temennya temen ya tinggal contreng Include Posts from Friends of Friends, gampang kan?

2. Menampilkan teman yang kita suka ajah
Orang-orang yang baek hati tentu tidak akan tega meng-ignore undangan dari orang lain meskipun dia cuman numpang jualan [dan gw bukan termasuk didalamnya]. Nah kalo bermasalah dengan "recent updates dari contact MP" ada fasilitas filter yang ada di menu kiri paling bawah namanya "Custom Filter". By default ada 3 macam pilihan: I've Replied, Subcribed, Flagged. Ga' perlu dipusingkan dengan ke-3 macam pilihan tersebut, qt buat saja daftar MP yang "layak baca" atau emang sering dikunjungi [dan mengunjungi].
Arahkan mouse ke sebelah kanan tulisan "Custom Filter" sehingga muncul "edit", klik edit sehingga akan muncul box "Edit Custom Filter"
  • Filter Name: kasih namamu or apapun yang lo suka
  • Show messages from: lagi-lagi.. contreng pilihan lo 
  • Ada 2 buah kotak yang bisa diisi daftar contact yang ga' pengen dilihat atau yang pengen dilihat, tinggal isi deh
  • Show These Types of Messages: contreng lagi saudara-saudara!!
Kalo gw ndiri, tentu saja dengan nama ndahdien; cuman nyontreng "Me" [egoisnya guweh] terus copy nama-nama contact yang gw pilih dari perintah insert "users ID" di User List n paste di kotak "also show post from these peoples" xixixxx ngakalin empe yang ga' mau nampilin nama di kedua kotak ini [pan ane ga' apal name-namenye]. 
Kalo dah kelar tinggal klik OK dan muncullah posting dari contact yang qt mau sajah. Masih mau ngedit lagi?? Bisa... klik ajah "Edit This Filter" yang ada dibawah "ndahdien" atau nama filter yang lo pake.

3. Mengelompokkan tampilan Inbox
Siapa yang ulang tahun bulan ini, lah koq ga' ada?? Tenang.. cuman ngumpet duanx koq. Coba arahkan mouse ke sebelah kanan tulisan "INBOX", ada tulisan prefs kan? Jangan takut.. klik ajah sehingga muncul "INBOX SETTING". MP memberikan pilihan, andalah yang menentukan!! Upcoming event, Photos, Blog dan Notes jadi pilihan gw. Guestbook?? hahaha... gw orang yang sangat welcome jadi semua tamu langsung dipersilahkan masuk ke ruangan yang dipengenin, lagian buku tamu lebih sering buat ajang jualan. Jangan lupa klik tombol OK buat nyimpen settingan terbaru.
Nah sekarang dibawah inbox sudah bertambah list sesuai pilihan di inbox setting. Mau lihat kelompok posting apa, tinggal klik dan MP 4.0 akan menampilkan daftar posting yang sesuai pilihan qt. Masih lum keliatan yang ultah?? Klik dulu "Upcoming Events" pilih view as "Month" dan dibawah kalender pilih bulan yang pengen diterawang.

 
Kenapa daftar "Friends dan Family" di MP 4.0 dikit banget?
Ada semua koq, hanya entah bagaimana MP memilih sedikit saja dibawah "Friends dan Family". Setelah klik View Contacts terjawablah sudah pertanyaan gw, ternyata yang muncul adalah contact yang ter"contreng" sebagai temen favorit. Kalo ternyata pilihan MP salah ya tinggal check or uncheck ajah. Mudah to??

Media Locker di MP 4.0 buat apaan sih?
Ini sebenernya bawaan lama, ga' pernah gw utak utik juga sih, tapi sekalian aja iseng apa yang bisa media locker lakukan buatku.
  • Multiply AutoUploader udah pernah gw install. Buat yang mo install tinggal klik aja dan ikuti petunjuk instalasinya. Sampai saat ini belum pernah manfaatin fasilitas yang selalu muncul di pojok bawah monitor setiap kali turn on laptop.
  • Share album. Ada beberapa tempat dan cara yang bisa digunakan untuk share, berhubung gw punya account delicious maka gw cobain seberapa deliciousnya sharing foto gw sendiri [NARSISS].
Semua mudah, semua menyenangkan, jadi habis ini ga' ada alesan lagi males liat inbox MP 4.0 yang membingungkan. Bingung kan karena belum terbiasa, ayo buruan dicicipi menu-menu barunya. Gw juga lum explore banyak, cuma nyari apa yang sekiranya gw butuhin. Ada tambahan pelajaran lagi?? Ayo dunx sharing juga...
Ada 1 hal yang gw pertanyakan, yaitu bisa enggak sih posting MP via fasilitas posting blog dari fasilitas "New Blog Post - Word 2007"?? Sampai saat ini gw lum bisa setting posting ke ndahdien fasilitas tersebut hanya bisa gw pake untuk posting di siluethorisontal Kalo ada yang tahu caranya ajarin gw dunx.. ajarin pula bikin image di blog MP lebih besar dari yang sekarang.

 

**gw jg ga' tahu gimana insert image disetiap bagian artikel blogspot yang gw pengenin

3 comments:

kakara00 said...

Very nice Info frenz..
TFS :)

Ciput Mardianto said...

sayang nya di multiply itu satu klo minta nggak ada iklan harus yang versi bayar

Living Healthy ! said...

ga ngerti ini autouploader! saya udah instal, udah aplod. tapi kok ga eluar sih?
udah dicek di media locker dan disana ada,,, tapi caranya biar bisa dipublish gimana sih?

Disini, untuk Sebuah Janji

Generasi masa kini mungkin telah memiliki pemikiran yang terbuka dalam mendefinisikan kewajiban anak kepada orang tua. Dari banyak opini di ...